Salin Artikel

Panen Keluhan, Kontes Kecantikan "Miss Hitler" Ditutup

Diwartakan Daily Mirror Jumat (14/9/2018), laman bernama "Miss Hitler" tersebut menerima 500 keluhan karena dianggap mempromosikan ekstremisme serta neo-Nazi.

Kontes yang diselenggarakan di situs VKontakte itu menarik minat dari seluruh dunia. Masing-masng kontestan berdandan ala Nazi.

Bahkan, salah seorang kontestan memiliki tato Reichsadler, emblem Nazi berupa elang di atas swastika, di punggungnya.

Salah satu foto juga menunjukkan seorang perempuan memegang buku yang ditulis Hitler, Mein Kampf, dan memberi hormat ala Nazi.

Penyelenggara kontes membela diri dengan mengatakan tujuan mereka adalah mempromosikan kebudayaan dari Hitlerian.

Melalui kontes itu, mereka ingin mempererat hubungan di antara komunitas penggemar Hitler, serta membersihkan reputasinya.

"Kami ingin menunjukkan betapa indahnya budaya Hitlerian, serta melindungi dan membela hak kaum perempuan," tulis penyelenggara.

Setelah keberadaan kontes tersebut menjadi viral, VKontakte langsung menutup akun itu, dan mengecamnya sebagai ujaran kebencian.

"Komunitas itu kami blokir karena melanggar peraturan kami. VKontakte tak menoleransi adanya kekerasan maupun ekstremisme," kata VKontakte.

Meski Miss Hitler telah ditutup, namun kontes kecantikan sejenis seperti Miss Eva Braun maupun Miss Edelweiss masih dibuka.

Lembaga analisis yang melacak radikalisme Sova menyatakan, 658 orang di Rusia terbukti melakukan ekstremisme di 2017, naik dari 133 pada 2011.

Sekitar 90 persen dari kasus itu dilakukan di internet. Mayoritas ditemukan di VKontakte yang disebut Facebook-nya Rusia itu.

https://internasional.kompas.com/read/2018/09/15/18072491/panen-keluhan-kontes-kecantikan-miss-hitler-ditutup

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke