Salin Artikel

Korea Selatan Luncurkan Kapal Selam Peluncur Rudal Balistik Pertama

Melansir dari AFP, kapal selam perang bernama Dosan Ahn Chang-ho itu memiliki bobot 3.000 ton dan menghabiskan anggaran hingga 700 juta dolar AS (sekitar Rp 10,3 triliun).

Mampu menembakkan misil balistik dan rudal jelajah, kapal selam itu merupakan yang pertama dari tiga kapal bertenaga diesel-listrik yang rencananya akan dimiliki Korsel dalam lima tahun ke depan.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyampaikan, kapal selam tersebut menandakan lompatan ke depan dalam industri pertahanan di negaranya.

"Perdamaian melalui kekuatan adalah strategi keamanan yang tidak tergantikan dari pemerintahan ini," kata Presiden Moon Jae-in saat peluncuran kapal selam di galangan kapal Daewoo, di mana kapal selam itu dirancang dan dibangun.

Memiliki panjang 83,3 meter dan lebar 9,6 meter, kapal selam tersebut mampu membawa sekitar 50 kru.

Kapal selam itu juga dilengkapi enam tabung peluncuran vertikal yang mampu menembakkan rudal balistik bawah laut-daratan, serta dapat beroperasi di bawah air selama 20 hari tanpa naik ke permukaan.

Selain kapal selam baru tersebut, Korea Selatan juga telah memiliki 18 armada kapal selam yang berukuran lebih kecil yang dibangun atas kerja sama Seoul dengan Jerman.

Sementara kapal selam baru itu hingga 76 persen komponennya berasal dari produksi dalam negeri.

"Kapal selam Dosan Ahn Chang-ho adalah kapal selam kelas menengah pertama yang dimiliki Angkatan Laut Korea Selatan dan dibangun dengan kombinasi teknologi mutakhir."

"Kapal selam ini merupakan sistem persenjataan strategis nasional yang mampu mengatasi segala ancaman dan membantu memperkuat kemampuan pertahanan angkatan laut," kata Angkatan Laut Korsel dalam pernyataannya dilansir Yonhap News.

Meski telah diresmikan, kapal selam itu baru akan dikirim ke Angkatan Laut pada Desember 2020 setelah menjalani sejumlah tes dan dijadwalkan siap beroperasi pada Januari 2022.

Selain kapal selam Dosan Ahn Chang-ho, Korea Selatan tengah membangun kapal selam Changbogo-III seberat 3.000 ton yang pengerjaannya telah dimulai pada 2007 dan ditargetkan selesai pada 2023.

https://internasional.kompas.com/read/2018/09/14/20002361/korea-selatan-luncurkan-kapal-selam-peluncur-rudal-balistik-pertama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke