Salin Artikel

Dokter di China Keluarkan Cacing Pita Sepanjang 10 Cm dari Otak Seorang Pria

Melansir dari SCMP, parasit tersebut ditemukan oleh dokter spesialis di sebuah rumah sakit di Nanchang, provinsi Jiangxi berada di kepala seorang pasien pria berusia 26 tahun yang mendadak sering mengalami kejang.

Pasien yang diidentifikasi dengan nama Liu telah menjalani operasi pengangkatan parasit di Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Nanchang pada Senin (10/9/2018) lalu.

Dr Wang Chunliang yang memimpin penanganan terhadap Liu mengatakan, dugaan akan adanya parasit Spirometra mansoni di kepala pasien setelah dilakukannya tes darah.

"Cacing itu masih hidup saat pertama kali kami keluarkan dari kepala pasien. Cacing itu kenyal, berwarna putih dan dapat berenang," kata Wang.

Dilaporkan harian Jiangnan City Daily, parasit itu diyakini masuk ke tubuh Liu melalui makanan yang belum masak dan dikonsumsi pasien.

Kepala Pusat Neuromedis Shanghai, Guo Hui, menyampaikan kepada SCMP, kondisi seperti yang dialami Liu kerap ditemukan di daerah dengan sumber air tak bersih atau orang-orang yang gemar menyantap makanan setengah matang.

"Saat telur parasit tidak terbunuh setelah melalui proses memasak dan masuk ke dalam tubuh, maka bisa terbawa bersama darah ke organ-organ dalam tubuh, termasuk paru-paru bahkan otak."

"Karena otak menerima hampir seperempat pasokan darah dalam tubuh manusia, maka kemungkinan telur parasit itu sampai ke otak dan menetap di sana lebih besar dibandingkan organ lain," kata Guo.

Parasit yang telah sampai di otak dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi otak dan menimbulkan gejala seperti pusing, mual, kejang dan pendarahan di pembuluh darah.

Ini bukan kasus pertama ditemukannya parasit dalam otak pasien. Tahun lalu, seekor cacing pita sepanjang 25 sentimeter diangkat dari otak seorang gadis berusia 12 tahun.

Pada Mei lalu, seekor cacing pita juga ditemukan di dalam otak pasien pria berusia 55 tahun yang mengeluhkan mati rasa pada wajah dan anggota tubuh lainnya.

Kedua pasien tersebut diketahui kerap minum air yang belum dimasak.

https://internasional.kompas.com/read/2018/09/12/21392561/dokter-di-china-keluarkan-cacing-pita-sepanjang-10-cm-dari-otak-seorang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke