Salin Artikel

Duterte Berjanji Hanya Beli Senjata dari Israel, Ini Alasannya

Pernyataan tersebut dia sampaikan ketika bertemu Presiden Reuven Rivlin, sebagaimana diwartakan Times of Israel Selasa (4/9/2018).

Dalam pernyataan berbahasa Ibrani, Duterte memuji Israel karena telah membantu Filipina memenangkan perang melawan terorisme.

"Saya telah memerintahkan militer agar dalam pengadaan peralatan terutama di sektor pengumpulan intelijen, kami hanya akan membelinya dari Israel," kata Duterte.

Inquirer melaporkan, selama ini Filipina membeli senjata maupun perangkat keras dari Amerika Serikat (AS).

Presiden yang akrab disapa Digong itu menuturkan, dia menganggap AS sebagai teman baik. Namun, ketika membeli senjata, larangannya banyak.

"Begitu juga dengan China maupun Jerman. Anda harus pastikan bahwa mereka memahami Anda," ujar mantan Wali Kota Davao tersebut.

Berbeda dengan Israel, Duterte menyebut dia tidak melihat alasan Tel Aviv bakal mengawasi Filipina ketika membeli senjata mereka.

Filipina dan Israel, kata Duterte, tidak terikat dengan kondisi geopolitik yang ada, dan berjuang di jalan yang mereka anggap benar.

Lebih lanjut, Duterte merinci kebutuhan dari Israel dan Filipina untuk memperkuat kerja sama di bidang kontra-terorisme.

Dia mencontohkan insiden pengeboman yang terjadi di Mindanao. "Saya kira melalui kejadian itu kami harus membeli ataupun meminjam peralatan militer," tukas dia.

https://internasional.kompas.com/read/2018/09/05/16305701/duterte-berjanji-hanya-beli-senjata-dari-israel-ini-alasannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke