Salin Artikel

Iran-Suriah Teken Kesepakatan Kerja Sama Militer dan Rekonstruksi

Kesepakatan itu ditandatangani oleh menteri pertahanan kedua negara. Iran diwakili Amir Hatami. Sedangkan Suriah Ali Abdullah Ayoub.

Middle East Eye mewartakan Senin (27/8/2018), Hatami berkunjung ke Damaskus selama dua hari. Dia menggelar pertemuan dengan Ayoub dan Presiden Bashar al-Assad.

"Saat ini, Suriah telah melewati fase krisis, dan mulai memasuki fase pemulihan," kata Hatami kepada kantor berita Tasnim.

Hatami menyatakan, dalam perjanjian pertahanan yang disepakati, terdapat poin bahwa Iran tetap melanjutkan keberadaan dan partisipasi di Suriah.

Sejak perang sipil pecah di Suriah pada 2011, Iran menyediakan bantuan militer, finansial, dan politik atas undangan Assad.

Selain Iran, Assad juga mengundang Rusia yang merespon dengan mengirimkan 63.000 pasukannya. Bantuan tersebut membuat Assad berbalik menekan pemberontak.

Adanya bantuan dari Iran membuat Amerika Serikat (AS) bereaksi. Negeri "Paman Sam" meminta agar Teheran angkat kaki dari Suriah.

Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton berkata, Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu Presiden AS Donald Trump di Helsinki, Finlandia, Juli lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Bolton menjelaskan isu mengenai keterlibatan Iran di Suriah juga masuk ke agenda diskusi mereka.

Bolton berujar, Putin sepakat bahwa pasukan Iran harus keluar dari Suriah dikarenakan Iran punya kepentingan yang berbeda dengan Rusia.

"Ini diskusi mengenai perlunya tentara Iran, baik yang reguler maupun non-reguler, untuk meninggalkan Suriah," tutur dia.

Ucapan Bolton disikapi Teheran yang menegaskan mereka di Suriah atas permintaan Assad. Karena itu, mereka tak punya rencana untuk mundur.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/27/16315491/iran-suriah-teken-kesepakatan-kerja-sama-militer-dan-rekonstruksi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke