Salin Artikel

Dituduh Diamkan Kasus Pelecehan Seksual, Begini Sikap Paus Fransiskus

Pernyataan tersebut dia sampaikan sesaat sebelum menaiki pesawat menuju Roma selepas melakukan kunjungan dua hari ke Irlandia.

Dilansir Reuters via Channel News Asia Senin (27/8/2018), Paus berkata dia sudah membaca dokumen kritik dari Uskup Agung Carlo Mari Vigano.

"Saya berkata kepada Anda (wartawan) dan semua yang mungkin tertarik: baca dokumen itu dengan saksama dan silakan nilai sendiri," ujar Paus Fransiskus.

"Saya tidak akan berkomentar. Saya kira pernyataan itu bakal menunjukkan sifatnya. Anda punya kemampuan jurnalistik untuk mengambil kesimpulan," lanjut paus 81 tahun itu.

Sebelumnya, Vigano meminta Paus asal Argentina itu mengundurkan diri setelah dia dianggap mendiamkan sebuah kasus pelecehan seksual.

Kasus tersebut menimpa Kardinal Theodore McCarrick, mantan Uskup Agung Washington, Amerika Serikat (AS).

Mantan Utusan Vatikan untuk Washington berkata, McCarrick sempat mendapat sanksi di era Paus Benediktus XVI.

Sebabnya, terdapat laporan bahwa McCarrick telah melecehkan siswa seminari dan koleganya. Namun, sanksi tersebut dicabut saat Fransiskus menjabat.

Vigano berujar, dia berusaha menjelaskan soal laporan negatif maupun sanksi yang dijatuhkan Benediktus kepada McCarrick.

Namun, Fransiskus memutuskan mengangkat McCarrick sebagai penasihat kepercayaannya. Dalam laporan setebal 11 halaman, Vigano meminta Paus mengakui kesalahannya.

"Saya meminta agar Paus Fransiskus yang pertama mengundurkan diri dari kalangan kardinal yang melindungi skandal McCarrick," kata Vigano.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/27/14322691/dituduh-diamkan-kasus-pelecehan-seksual-begini-sikap-paus-fransiskus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke