Salin Artikel

Afghanistan Tuduh Rusia Manfaatkan Taliban untuk Lawan ISIS

Tuduhan tersebut disampaikan Duta Besar Afghanistan untuk Rusia, Abdul Qayyum Kochai dan langsung dibantah oleh Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov.

Kelompok afiliasi ISIS di Afghanistan telah melancarkan sejumlah serangan yang menghancurkan dalam beberapa tahun terakhir dan telah berulang kali terlibat bentrok dengan Taliban.

Kelompok tersebut dianggap berbahaya dan mengancam Rusia karena sebagian besar anggotanya merupakan militan Uzbekistan yang telah ditempa banyak peperangan.

"Saya bahkan tidak dapat membayangkan bagaimana Rusia dapat memanfaatkan Taliban untuk memerangi ISIS," kata Lavrov dalam konferensi pers, Rabu (22/8/2018).

"Kami melawan ISIS dengan segala cara yang ada, kami mendukung Suriah dalam perjuangannya."

"Kami membantu melengkapi pasukan Irak untuk tujuan yang sama dan kami tentu ingin melihat rakyat Afghanistan dapat menyingkirkan ISIS," tambahnya, dilansir The New Arab.

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Luar Negeri Rusia turut mengecam tuduhan pemerintah Afghanistan dan menyebutnya hanya didasari sindiran dan telah benar-benar mengubah arti kebijakan Rusia terhadap Afghanistan.

"Sangat disayangkan bahwa alih-alih membantu mempertahankan kemitraan dan saling percaya antara Rusia dengan Afghanistan, duta besar mereka justru telah mengambil langkah yang menuju ke arah yang berlawanan," kata kementerian dalam pernyataannya.

Rusia saat ini tengah mempersiapkan pertemuan untuk membahas perdamaian di Afghanistan dengan mengundang pihak Taliban dan sejumlah negara lainnya, termasuk AS.

Pertemuan yang diklaim akan dihadiri perwakilan Taliban tersebut diagendakan digelar di Moskwa pada awal September mendatang.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/24/00315881/afghanistan-tuduh-rusia-manfaatkan-taliban-untuk-lawan-isis

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke