Salin Artikel

Rusia Siapkan Pembicaraan Damai antara Afghanistan dengan Taliban

"Kami sedang mempersiapkannya (pembicaraan damai) untuk 4 September," kata perwakilan khusus presiden Rusia untuk Afghanistan, Zamir Kabulov dalam laporan yang diberitakan, Interfax, Senin (20/8/2018).

Kabulov menambahkan, pihaknya telah mengundang Taliban untuk hadir dalam pertemuan yang rencananya akan diselenggarakan di ibu kota Rusia tersebut.

"Pembicaraan tersebut dalam rangka meluncurkan proses rekonsilisasi nasional di Afghanistan," kata Kabulov, dilansir AFP.

Sebelumnya pada Minggu (19/8/2018), Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah mengumumkan untuk kembali memberlakukan gencatan senjata sementara dengan Taliban mulai pekan ini.

Gencatan senjata tersebut akan berlaku untuk tiga bulan hingga perayaan Maulid Nabi Muhammad yang akan jatuh pada 21 November mendatang.

Meski demikian tawaran gencatan senjata hanya berlaku apabila pihak Taliban juga melakukan hal yang sama.

Kabulov mengatakan, Moskwa menyambut positif gencatan senjata yang diajukan pemerintah Afghanistan dan mengharap kepada Taliban juga akan bereaksi secara positif.

"Pemerintah Rusia mengharap kepada Taliban dapat bereaksi positif terhadap tawaran gencatan senjata yang disampaikan pemerintah Afghanistan," kata dia.

Tak hanya Rusia, pernyataan Presiden Ghani yang mengumumkan gencatan senjata sementara, yang kedua setelah terakhir selama tiga hari saat Idul Fitri, turut diapresiasi NATO dan AS.

Rusia dan sekutunya menyerukan kepada kelompok gerilyawan Taliban untuk meletakkan senjata dan bernegosiasi dengan pemerintah Afghanistan secara langsung.

Moskow juga menyatakan kesiapannya untuk berperan sebagai berfungsi sebagai panggung untuk pembicaraan damai setelah konflik yang berlangsung selama 17 tahun.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/20/18345911/rusia-siapkan-pembicaraan-damai-antara-afghanistan-dengan-taliban

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke