Salin Artikel

Putin Ajak Eropa Ikut Berkontribusi Membangun Kembali Suriah

Menurut Putin, dengan segera membangun kembali kota-kota di Suriah yang hancur akibat peperangan maka semakin cepat pula warga Suriah yang mengungsi ke lar negeri, termasuk di negara-negara Eropa, dapat pulang ke kampung halaman mereka.

"Kita perlu meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk konflik di Suriah," kata Putin jelang pertemuannya dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Kastil Meseberg, Sabtu (18/8/2018).

"Dengan demikian, maksud saya di atas seluruh bantuan kemanusiaan kepada rakyat Suriah dan membantu daerah agar dapat kembali ditinggali oleh para pengungsi yang kini tinggal di luar negeri," tambahnya.

Menurut Putin, ada jutaan pengungsi Suriah yang saat ini tinggal di luar negeri, denngan sekitar satu juta pengungsi masing-masing di Yordania dan Lebanon.

Kemudian, sekitar tiga juta warga Suriah yang mengungsi ke Turki. Negara Jerman juga telah menerima ratusan ribu migran Suriah sejak 2015.

"(Para pengungsi) Ini berpotensi menjadi beban besar bagi Eropa. Karena itulah kita harus melakukan segala yang kita bisa untuk mengembalikan orang-orang ini ke kampung halaman mereka," kata Putin dilansir AFP.

Putin menekankan perlunya segera memulihkan layanan dasar seperti pasokan air bersih dan pelayanan kesehatan di wilayah yang akan kembali ditempati warga Suriah yang mengungsi.

Sementara Merkel menambahkan, pritoritas di Suriah adalah untuk menghindari terjadinya bencana kemanusiaan.

Sebelumnya, Pemerintah Rusia juga telah mendesak kepada Amerika Serikat agar turut membantu proses rekonstruksi kota-kota di Suriah.

Dalam proposal yang dikirimkan Rusia, turut mengusulkan dibentuknya komite gabungan tiga negara antara Rusia, AS dengan Yordania untuk melaksanakan rencana rekonstruksi dan pemulangan para pengungsi.

PBB telah membuat perkiraan dana yang dibutuhkan untuk dapat membangun kembali Suriah, yakni setidaknya sebesar 250 miliar dolar AS atau sekitar Rp 3.620 triliun.

Sekitar 500.000 orang telah menjadi korban tewas selama berlangsungnya perang di Suriah. Sementara lebih dari 5,6 juta warganya terusir keluar dari negara itu dan 6,6 juta lainnya tergusur di dalam wilayah Suriah.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/20/15343561/putin-ajak-eropa-ikut-berkontribusi-membangun-kembali-suriah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke