Salin Artikel

Orang Terkuat Nomor Dua di Korea Utara Kunjungi Kuba

Demikian laporan dari sejumlah media pada Jumat (17/8/2018), seperti diwartakan oleh Yonhap News.

Menurut kantor berita resmi Kuba Prensa Latina, Choe yang merupakan wakil ketua Komite Pusat Partai Butuh Korea Utara, tiba di Havana pada Kamis (16/8/2018).

"Choe sedang melakukan kunjungan kerja dan diterima kemarin oleh wakil presiden Salvador Valdes," tulis laporan tersebut.

Choe juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez untuk membahas masalah isu internasional.

"Pertemuan itu berlangsung dalam konteks persaudaraan, di mana tamu dan Rodriguez sepakat menyoroti ikatan persaudaraan yang menyatukan rakyat, partai, dan pemerintah," tulis laporan itu.

Kuba dan Korea Utara telah mempertahankan hubungan sejak 1960. Saat ini, kedua negara memiliki perjanjian kerja sama di berbagai sektor, termasuk pendidikan dan pertanian.

Sebulan sebelumnya, Direkrut Departemen Bidang Internasional Partai Buruh Korut, Ri Su Yong, juga mengunjungi Havana untuk bertemu dengan pemimpin Kuba.

Ri bertemu dengan Presiden Miguel Diaz-Canel, dan sekretaris utama Partai Komunis Kuba Raul Castro. Dia juga dijadwalkan akan berkunjung ke Iran.

Kunjungan ke Kuba dinilai sebagai upaya Korut untuk menyatukan hubungan dengan sekutunya, di tengah situasi diplomatik yang berubah cepat.

Pengamat berpendapat, Korut mungkin memanfaatkan Kuba, yang hubungannya dengan Amerika Serikat sedang keruh, untuk menekan negara pimpinan Donald Trump mengumumkan berakhirnya Perang Korea.

"Korea Utara tampaknya menggunakan strategi untuk menyalahkan AS jika negosiasi bilateral yang sedang berlangsung tengah rusak," kata profesor Kim Joon-hyung dari Universitas Handong.

"Korea Utara juga menekan AS dengan memperluas batas diplomatik dan berupaya tampil sebagai negara normal," imbuhnya.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/17/21180611/orang-terkuat-nomor-dua-di-korea-utara-kunjungi-kuba

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.