Salin Artikel

Hari Kemerdekaan ke-72, PM India Sebut "Gajah Tidur" Telah Bangkit

Ungkapan itu merujuk pada pertumbuhan ekonomi India yang terus merajai dunia.

Selama 80 menit, Modi menyampaikan pidato Hari kemerdekaan di Red Fort, New Delhi, pada masa lima tahun kepemimpinannya.

Dalam kesempatan itu, dia memanfaatkan sorotan dunia terhadap prestasi pemerintah India selama masa pemerintahannya.

Pertumbuhan ekonomi India tercatat pada kisaran 7 persen sejak Modi memimpin, kendati saat ini rupee terancam dampak jatuhnya nilai tukar mata uang Turki, lira.

"India merupakan negeri reformasi, implementasi, dan transformasi. Kita diselimuti oleh pencapaian pertumbuhan ekonomi," katanya, seperti dikutip dari AFP.

"Hari ini, dunia menyaksikan gajah tidur telah bangun, berjalan, dan bergabung dalam perlombaan," imbuhnya.

Jelang pemilihan umum yang diperkirakan bakal digelar pada awal 2019, Modi menyampaikan ambisinya untuk memberikan asuransi kesehatan bagi rakyat India bertajuk "Modicare".

Modicare bakal menanggung biaya pengobatan penyakit serius hingga 500.000 rupee atau sekitar Rp 103,8 juta bagi setiap warga miskin, yang jumlahnya diperkirakan mencapai 500 juta orang.

Program itu akan diluncurkan pada 25 September 2018. Modicare bakal menjadi program asuransi kesehatan pemerintah terbesar di dunia.

"Sudah saatnya bagi kami memastikan setiap orang miskin di India mendapat akses pengobatan berkualitas baik dan terjangkau," katanya.

"Sangat penting bagi kami untuk membebaskan orang miskin dari cengkeraman kemiskinan, yang membuat mereka tak mampu membayar biaya pengobatan," ucap Modi.

Ambisi India untuk tampil dalam panggung dunia juga masuk ke ranah antariksa.

India berencana meluncurkan misi pesawat luar angkasa berawak pada 2022, saat kemerdekaan India memasuki usia 75 tahun.

Jika misi ini berhasil, maka India akan menjadi negara keempat di seluruh dunia yang mengirim astronot ke luar angkasa setelah Rusia, AS dan China.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/15/15135611/hari-kemerdekaan-ke-72-pm-india-sebut-gajah-tidur-telah-bangkit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke