Salin Artikel

Putin Akan Bertemu Kim Jong Un dalam Waktu Dekat

Demikian laporan dari kantor berita Korea Utara, KCNA, Rabu (15/8/2018), seperti dikutip dari AFP dan Yonhap.

Putin memang mengundang Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Juni lalu untuk menghadiri forum ekonomi di Vladivostok yang digelar bulan depan.

Namun, tidak diketahui apakah pemimpin Korut itu merespons undangan tersebut.

Dalam sebuah pesan kepada Kim Jong Un, Putin mengungkapkan maksudnya untuk mengadakan konferensi tingkat tinggi bersama Kim Jong Un.

Pesan itu disampaikan Putin dalam rangka Hari Pembebasan Nasional Korea Utara dari pendudukan kolonial Jepang pada 1910-1945, yang dirayakan tiap 15 Agustus.

"Saya siap untuk bertemu Anda dalam waktu dekat untuk membahas masalah mendesak mengenai hubungan bilateral dan hal penting di kawasan," kata Putin.

Namun, laporan dari KCNA tidak menyebutkan tanggal kepastian kedua pemimpin tersebut akan bertemu.

Putin berharap dapat lebih mengembangkan hubungan timbal balik di Semenanjung Korea, termasuk realisasi proyek ekonomi tiga negara dengan melibatkan Korea Selatan.

Kim juga mengirim pesan ke Putin dengan menggarisbawahi tradisi berharga kedua negara yang mengakar kuat karena perjuangan bersama saat perang melawan Jepang.

KCNA tidak menjelaskan mengenai pesan Kim itu disampaikan setelah atau sebelum menerima undangan dari Putin.

Seperti diketahui, hubungan diplomatik antara negara Semenanjung Korea mulai mencair ketika Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang, Korea Selatan, pada Februari lalu.

Setelah itu, Kim Jong Un dan Moon Jae-in bertemu untuk pertama kalinya. Kemudian Kim diketahui melakukan lawatan pertamanya ke luar negeri dengan menemui Presiden China Xi Jinping di Beijing.

Langkah Kim Jong Un tak berhenti di situ. Pada Juni lalu, dia bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/15/14014481/putin-akan-bertemu-kim-jong-un-dalam-waktu-dekat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke