Salin Artikel

Selain Pelaku Tewas, Ini Fakta soal Pencurian Pesawat dari Bandara Seattle

Pesawat turboprop Bombardier Dash 8 Q400 itu merupakan milik Horizon Air, anak perusahaan dari Alaska Airlines.

Pesawat dicuri ketika dalam perawatan dan tidak dijadwalkan untuk terbang mengangkut penumpang. Bandara juga dilaporkan sempat tutup sebentar.

Berikut sejumlah fakta mengenai aksi pencurian tersebut, termasuk beberapa yang baru dikonfirmasi oleh pihak berwenang, seperti diwartakan CNN:

Pesawat terbang selama 1,5 jam

The Seattle Times mewartakan, pelaku sempat menerbangkan pesawat sekitar 90 menit, diikuti oleh jet F-15 milik militer yang berupaya mengejarnya. Pesawat jatuh di daerah hujan yang berjarak sekitar 65 km dari bandara.

Pesawat dengan kapasitas 76 penumpang itu lepas landas tanpa izin sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Pelaku tewas

Kepala polisi Pierce Countuy, Paul Pastor, mengatakan pria berusia 29 tahun yang tidak disebutkan identitasnya itu dinyatakan meninggal dunia, setelah insiden pesawat jatuh.

Awalnya, pelaku diidentifikasi sebagai ahli mesin dari perusahaan maskapai. Selanjutnya, pihak berwenang menyebut dia merupakan petugas darat.

Dia bertugas mengarahkan pesawat untuk lepas landas, mencapai gerbang, dan membersihkan lapisan es pada pesawat.

Bukan aksi terorisme

Insiden pencurian pesawat tidak dianggap sebagai aksi terorisme. Kurangnya keterampilan terbang oleh pelaku menyebabkan pesawat jatuh di Pulau Ketron.

Pihak berwenang menyatakan jet F-15 tidak terlibat dalam menyebabkan kecelakaan pesawat tersebut. 

Pada pembicaraan dengan pengendali lalu lintas udara yang terekam, petugas mencoba memandu pelaku untuk mendaratkan pesawat.

"Selamat, Anda berhasil melakukannya. Sekarang mari kita coba mendaratkan pesawat dengan aman dan tidak melukai siapa pun yang berada di daratan," kata petugas lalu lintas udara.

"Awwww, benar... sial... Saya tidak tahu. Saya tidak tahu. Saya tidak mau. Saya sedikit berharap itu akan terjadi. Kau tahu itu, kan?" ucap pelaku.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/11/16484571/selain-pelaku-tewas-ini-fakta-soal-pencurian-pesawat-dari-bandara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke