Salin Artikel

Girangnya Kim Jong Un dan Istri saat Kunjungi Pabrik Pengolahan Ikan

Dengan mengenakan kaus putih, celana abu-abu, dan memakai topi jerami, Kim Jong Un berjalan girang sambil menjelajahi pabrik. Sementara Ri Sol Ju yang berjalan di sampingnya, terlihat membawa jas sang suami.

Dalam foto yang dirilis, tampak tumpukan tinggi berbagai kaleng produk di pabrik pengolahan ikan tersebut. Tampilan bungkusnya pun menyerupai merek buatan Barat.

Meskipun berada di pabrik pengolahan ikan, tampak beberapa barang memiliki kemiripan penampilan dengan merek seperti Coca Cola dan Nutella.

Menurut media Pemerintah Korea Utara, KCNA, ada 30 produk percobaan dengan perbedaan tingkat pedas asin dan pedas seperti udang kecil, belut pasir, ikan teri dan kerang, yang dipamerkan kepada Kim Jong Un.

Pabrik pengolahan ikan yang dipenuhi berbagai produk itu kontras dengan laporan tentang hampir setengah warga Korea Utara mengalami kelaparan.

Tahun lalu, laporan dari PBB menemukan rata-rata warga Korea Utara kesulitan memenuhi kebutuhan pangan.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Kim Jong Un dikabarkan mengunjungi sebuah peternakan ikan lele Samchon di provinsi Hwanghae Selatan.

Dia diklaim amat puas dengan kinerja peternakan lele yang melampaui target produksi sebanyak 3.000 ton ikan lele per tahun.

Profesor Yang Moo-jin dari University of North Korean Studies mengatakan, Kim mengirim sinyal mengenai Korea Utara yang fokus terhadap ekonomi, setelah pertemuan bersejarah dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

"Dia memproyeksikan gambaran pemimpin yang perhatian terhadap penghidupan rakyatnya," ucapnya.

"Dan kepada dunia luar, dia mengirim sinyal tentang keseriusannya memenuhi janji denuklirisasi," imbuhnya.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/09/11055901/girangnya-kim-jong-un-dan-istri-saat-kunjungi-pabrik-pengolahan-ikan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke