Salin Artikel

Hubungan Memanas, Saudi Larang Warganya Berobat ke Kanada

Al Jazeera memberitakan Selasa (7/8/2018), pemerintah Saudi menerbitkan larangan bagi warganya untuk mendapat pengobatan di Kanada.

Selain itu, Riyadh juga menyatakan tengah berkoordinasi untuk memindahkan warganya yang sudah jadi pasien untuk menerima perawatan di luar Kanada.

Ketegangan itu membuat Amerika Serikat (AS) angkat bicara melalui juru bicara Kementerian Luar Negeri, Heather Nauert.

"Kedua belah pihak perlu untuk duduk semeja, dan menyelesaikan masalah diplomatik sesegera mungkin. Kami tentu tak bisa melakukannya," ujar Nauert.

Dia melanjutkan, Washington sangat memperhatikan dua negara, dan menegaskan sangat mengakui dan menghargai kebebasan individu.

Saudi memutuskan hubungan diplomatik setelah gusar dengan Ottawa yang meminta sejumlah aktivis penegakan HAM yang ditahan dibebaskan.

Salah satu yang ditangkap aparat keamanan Arab Saudi adalah aktivis kesetaraan gender peraih penghargaan internasional, Samar Badawi.

Samar merupakan adik dari Raif Badawi, aktivis HAM yang dipenjara 10 tahun pada 2014 dengan dakwaan melakukan penghinaan terhadap Islam.

Setelah mengusir Duta Besar Dennis Horak, Saudi juga membekukan semua aktivitas perdagangan dan investasi, dan menangguhkan penerbangan ke Toronto.

Tidak hanya itu. Mereka juga mencabut 16.000 beasiswa bagi warga yang belajar di Kanada, serta menyuruh mereka untuk segera pulang.

"Kanada bakal selalu berdiri tegak dalam memperjuangkan penegakan HAM di negeri kami maupun seluruh dunia," tegas Menlu Chrystia Freeland.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/08/16331891/hubungan-memanas-saudi-larang-warganya-berobat-ke-kanada

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke