Salin Artikel

Trump Berlakukan Kembali Sanksi untuk Iran, Ini Dampaknya

Melalui pernyataan di situs resmi Gedung Putih, Trump menyebut tindakan itu termasuk memberlakukan kembali sanksi terhadap sektor otomotif Iran, perdagangan emas, logam mulia, dan sebagainya. Sanksi ini akan mulai berlaku pada Selasa (7/8/2018).

Sementara, sanksi yang menargetkan sektor energi Iran, termasuk transaksi terkait minyak, lembaga keuangan asing dengan Bank Sentral Iran, akan berlaku efektif pada 5 November 2018.

"AS berkomitmen penuh menegakkan semua sanksi, dan kami akan bekerja sama dengan negara lain yang berbisnis dengan Iran untuk memastikan kepatuhan invidu atau entitas," ucap Trump.

"Saya senang banyak perusahaan internasional yang berniat untuk meninggalkan pasar Iran," imbuhnya.

Trump mengklaim beberapa negara bahkan telah mengindikasikan akan mengurangi atau mengakhiri impor minyak mentah dari Iran.

Dia menegaskan, rezim pemerintahan Iran hanya memiliki tiga pilihan, yaitu mengubah perilaku mengancam, mendestabilisasi dan mengintegrasikannya dengan ekonomi global, atau terus menghadapi isolasi ekonomi.

"AS terus berdiri bersama rakyat Iran yang telah lama menderita, yang merupakan pewaris sah dari warisan kaya Iran, dan korban nyata dari kebijakan rezim," kata Trump.

"Kami menantikan hari ketika rakyat Iran, dan semua orang di seluruh kawasan, dapat hidup makmur bersama dalam keamanan dan perdamaian," ujarnya.

CNN melaporkan, sanksi yang berlaku akan memblokir pemerintah Iran dari membeli atau memperoleh mata uang AS. Sanksi juga akan menghentikan impor pesawat dari AS dan Eropa ke Iran.

Melansir Newsweek, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mengkritik perjanjian Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) pada Juli 2015 itu mendukung langkah pemerintah AS.

"Ini momen penting bagi Israel, AS, kawasan, dan seluruh dunia. Ini merupakan tekad untuk mengekang agresi Iran," katanya.

Netanyahu juga meminta para pemimpin negara eropa untuk bergabung dengan AS dan Israel dalam menentang Iran.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/07/08015381/trump-berlakukan-kembali-sanksi-untuk-iran-ini-dampaknya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke