Salin Artikel

Korut Yakin Pertemuan Trump-Kim Jong Un Jilid 2 Bakal Terjadi

Keyakinan itu diungkapkan seorang pejabat AS anonim yang terlibat dalam pemulihan hubungan AS-Korut, seperti dilansir CNN Senin (6/8/2018).

Pejabat anonim itu mengatakannya setelah Duta Besar AS untuk Filipina, Sung Kim, menyerahkan sebuah surat kepada Menteri Luar Negeri Korut, Ri Yong Ho.

Surat tersebut diyakini merupakan balasan Trump kepada Kim, dan diberikan saat Forum Regional ASEAN di Singapura pekan lalu.

"Meski tanggal dan tempatnya belum diketahui, saya rasa pertemuan jilid dua itu bakal terjadi di akhir tahun ini," kata pejabat tersebut.

Kabar itu muncul di tengah keraguan pertemuan Trump dan Kim yang terjadi pada 12 Juni bisa memberikan hasil denuklirisasi Semenanjung Korea.

Apalagi dalam Forum ASEAN, Ri mengeluhkan ketidaksabaran Negeri "Paman Sam" dalam proses pelucutan program nuklir.

Dia merujuk kepada komentar Menlu AS, Mike Pompeo, yang meminta komunitas internasional mempertahankan sanksi PBB kepada Korut.

Pejabat itu berujar, ucapan Ri bisa menjadi taktik untuk menekan Trump jelang Pemilu Legislatif yang kemungkinan digelar November 2018 ini.

"Saya menduga Pyongyang berusaha menekan Trump agar kembali bertemu Kim, dan menegosiasikan poin denuklirisasi yang menguntungkan mereka," kata pejabat itu.

Korea Selatan (Korsel) melalui juru bicara kepresidenan Kim Eui-kyeom meminta Korut untuk mempercepat denuklirisasi.

Namun di sisi lain, Seoul juga menghendaki Washington menunjukkan usaha yang bisa disepakati kedua belah pihak.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/06/17201511/korut-yakin-pertemuan-trump-kim-jong-un-jilid-2-bakal-terjadi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.