Salin Artikel

Diserang Hiu Saat Berenang di Laut Merah, Turis asal Ceko Ditemukan Tewas

Jenazah tersebut diidentifikasi sebagai seorang turis asal Ceko yang tewas akibat serangan hiu.

"Pria itu meninggal di utara kota Marsa Alam, sekitar 20 kilometer, diduga karena serangan hiu," kata Ketua Dewan Kota Jenderal Atef Wagdy kepada AFP, Minggu (5/8/2018).

Sementara pihak Kementerian Kesehatan kini tengah berkoordinasi dengan kedutaan Ceko di Mesir penyerahan jenazah korban.

Meski telah terjadi serangan hiu, Wagdy meyakinkan bahwa menyelam di Marsa Alam masih aman untuk dilakukan selama tidak berenang di perairan di luar karang.

"Tidak ada masalah dalam menyelam di sekitar Marsa Alam, tapi terkadang orang-orang berenang di permukaan di laut dalam di luar karang akan rentan untuk diserang," kata Wagdy.

Media Ceko melaporkan, korban, yang tidak diungkapkan identitasnya, berusia 41 tahun dan tengah berlibur bersama dengan istri dan anaknya.

Melansir dari AFP, serangan hiu yang menewaskan turis terakhir terjadi pada 2015 dengan korban warga Jerman.

Terburuk pada tahun 2010, saat terjadi enam serangan hiu, termasuk lima kali terjadi dalam lima hari berturut-turut pada perairan yang sangar dekat dengan pantai.

Meski demikian Marsa Alam tetap banyak menarik turis yang ingin merasakan penyelaman menjelajahi karang dan kehidupan laut lainnya, termasuk ikan dan hiu.

Pada 2017, Mesir kedatangan hingga 8,3 juta wisatawan. Jumlah tersebut melonjak 54 persen dari 5,4 juta pada 2016.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/06/11100041/diserang-hiu-saat-berenang-di-laut-merah-turis-asal-ceko-ditemukan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke