Salin Artikel

Biografi Tokoh Dunia: Neil Armstrong, Manusia Pertama yang Pijakkan Kaki di Bulan

Armstrong mendarat di bulan dalam misi Apollo 11 bersama dua rekan astronot lainnya, Michael Collins and Edwin "Buzz" Aldrin.

Akan tetapi, sepanjang kisah hidupnya, Neil Armstrong juga pernah menjadi seorang pilot Angkatan Laut dan seorang pengajar di perguruan tinggi.

Pemilik nama lengkap Neil Alden Armstrong ini lahir pada 5 Agustus 1930 di Wapakoneta, Ohio, AS.

Neil Armstrong adalah anak pertama dari pasangan Viola Louise Engel dan Stephen Koenig Armstrong.

Armstrong menyukai pesawat dan dunia penerbangan sejak orangtuanya mengajaknya mengunjungi sebuah pameran kedirgantaraan.

Kecintaannya terhadap dunia kedirgantaraan semakin besar saat dirinya berusia enam tahun diajak sang ayah untuk pertama kalinya dalam sebuah penerbangan di Ohio.

Sepuluh tahun berselang, tepat ketika hari ulang tahunnya yang ke-16, Armstrong menerima sertifikat sebagai siswa sekolah penerbangan.

Armstrong sudah mulai terbang solo bahkan sebelum dia memiliki surat izin mengemudi

Pada 1947, Armstrong melanjutkan pendidikan di Universitas Purdue, West Lafauette, Indiana dengan beasiswa dari Angkatan Laut AS dan mempelajari teknik penerbangan (aeronautical engineering).

Saat pecah Perang Korea pada 1950, Armstrong turut dikerahkan ke garis depan. Pesawatnya sempat tertembak, namun Armstrong masih dapat menyelamatkan diri.

Setelah perang usai, Armstrong melanjutkan pendidikannya hingga lulus pada 1955 dan direkrut oleh National Advisory Committee for Aeronautics atau NACA, cikal bakal NASA (National Aeronautics and Space Administration).

Selama berada di NACA, Neil Armstrong bertugas salah satunya sebagai pilot uji coba dan telah menguji hingga 200 model pesawat terbang berkecepatan tinggi, termasuk X-15 yang mampu menempuh kecepatan hingga lebih dari 6.000 kilometer per jam.

Pada 1962, Armstrong resmi bergabung dalam program luar angkasa dan menjadi astronot. Dia ditugaskan dalam misi luar angkasa Gemini 8 sebagai pilot komando.


Misi Gemini 8 adalah melakukan uji coba manuver pengaitan dua kendaraan di luar angkasa.

Pada 16 Maret 1966, misi Gemini 8 berhasil meski sempat mengalami kendala teknis. Hasil misi Gemini 8 ini turut berperan dalam kesuksesan Apollo 11 ke bulan yang diberangkatkan pada 1969.

Tepatnya pada 16 Juli 1969, misi pendaratan pesawat luar angkasa berawak pertama ke bulan, Apollo 11 diluncurkan dengan membawa tiga orang astronot, yakni Neil Armstrong, Edwin "Buzz" Aldrin, dan Michael Collins.

Empat hari kemudian, misi luar angkasa Apollo 11 sukses mendaratkan pesawat modul bulan dengan membawa Armstrong dan Aldrin, sementara Collins menunggu di modul komando yang mengorbit bulan.

Setelah mendarat di permukaan bulan, Armstrong sebagai pilot mendapat kehormatan untuk melangkah keluar dan menjejakkan kakinya untuk pertama kali di bulan, disusul oleh Adrian.

Keduanya berada di bulan selama sekitar 2,5 jam, menempatkan instrumen ilmiah dan mengumpulkan sampel permukaan bulan, serta mengambil banyak foto.

Setelah hampir 21 jam di permukaan bulan, Armstrong menerbangkan kembali modul bulan dan kembali bergabung dengan modul komando di orbit bulan sebelum memulai perjalanan kembali ke bumi pada 21 Juli.

Perjalanan pulang dari orbit bulan kembali ke atmosfer bumi memakan waktu tiga hari dengan pendaratan di perairan Samudera Pasifik pada 24 Juli 1969.

Pensiun dari NASA

Usai misi Apollo 11, Armstrong masing bersama NASA hingga memutuskan mengundurkan diri pada 1971. Selanjutnya dia bergabung dengan Universitas Cincinnati, Ohio sebagai pengajar teknik penerbangan luar angkasa.

Pada 1979, Armstrong mulai menggeluti dunia bisnis dan menjadi direktur di sejumlah perusahaan, namun masih berkaitan dengan dunia penerbangan dan antariksa, salah satunya Computing Technologies for Aviation and AIL Systems (EDO Corporation).

Armstrong juga menjabat dalam Komisi Nasional untuk Ruang Angkasa (NCOS), sebuah panel yang bertugas menetapkan tujuan program luar angkasa.

Dia juga membantu dalam komisi kepresidenan yang dibentuk untuk menganalisis kecelakaan pesawat ulang alik Challenger pada 1986.

Atas jasa dan perannya di dunia penerbangan dan ruang angkasa AS, Armstrong dianugerahi sejumlah medali penghargaan, di antaranya Presidential Medal of Freedom (1969), Congressional Space Medal of Honor (1978), dan Medali Emas Kongres (2009).

Kehidupan Pribadi

Dalam kehidupan pribadinya, Neil Armstrong menikah dengan Janet Shearon pada 28 Januari 1956. Namun keduanya bercerai pada 1994.

Dari pernikahannya, mereka dikaruniai dua anak, yakni seorang putra pada 1957 yang mereka beri nama Eric dan seorang putri, Karen yang lahir pada 1959.

Namun pada 1962, Karena meninggal dunia setelah mengalami komplikasi akibat tumor otak yang tidak dapat dioperasi.

Armstrong menikah lagi pada 1994 dengan Carol Held Knight dan menghabiskan masa tuanya di kediamannya di Ohio.

Kondisi kesehatannya mulai menurun hingga sempat menjalani operasi jantung pada 7 Agustus 2012. Belum sempat sembuh dari operasi, Armstrong mengalami komplokasi dan meninggal dunia pada 25 Agustus 2012 di usia 82 tahun.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/06/09090061/biografi-tokoh-dunia--neil-armstrong-manusia-pertama-yang-pijakkan-kaki

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke