Salin Artikel

Israel Ancam Serang Iran jika Blokade Perairan Yaman

Diberitakan Russian Today Kamis (2/8/2018), Netanyahu mengancam bakal melakukan serangan jika Iran memblokade perairan kunci di Yaman.

Ancaman itu dikatakan ketika PM yang akrab dipanggil Bibi itu berpidato dalam upacara kelulusan perwira angkatan laut Israel.

Netanyahu menceritakan insiden terbaru di mana sebuah kapal tanker Arab Saudi diserang oleh pemberontak Yaman, Houthi, di barat pantai Yaman.

PM dari Partai Likud tersebut menyebut Iran melalui kelompok pendukungnya mulai berusaha menyabotase kapal internasional.

Serangan yang diklaim dilakukan Houthi itu terjadi di Terusan Bab al-Mandab yang terletak antara Yaman, Eritrea, dan Djibouti di Semenanjung Arab.

"Jika Iran mencoba menutup Terusan Bab al-Mandab, maka mereka bakal menghadapi koalisi internasional, termasuk Israel dan senjatanya," ancam Netanyahu.

Senada dengan Netanyahu, Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman berujar militer Israel siap menghadapi ancaman dari manapun.

Lieberman menjelaskan dia sudah sering mendengar adanya usaha untuk merusak kapal dagang Israel di Laut Merah.

"Dengan pernyataan tegas ini, semoga lawan memahami bahwa kami bisa mendatangkan kerusakan hebat kepada mereka," ucap Lieberman.

Koalisi pimpinan Saudi mulai mengintervensi konflik Yaman pada 2015 dalam usaha mengembalikan kekuasaan ke Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi.

Operasi militer maupun blokade yang diterapkan koalisi Saudi mendatangkan krisis kemanusiaan. Mereka dituduh telah melakukan pelanggaran HAM.

Adapun serangan yang dilakukan Houthi itu dilaporkan tidak sampai menimbulkan korban luka, maupun pencemaran laut karena bocornya minyak.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/02/18421501/israel-ancam-serang-iran-jika-blokade-perairan-yaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke