Salin Artikel

China Donasikan Kapal dan Peluncur Granat Roket untuk Filipina

Melansir dari SCMP, pemberian bantuan tersebut sebagai lanjutan kedekatan hubungan antara China dengan Filipina di bawah Presiden Rodrigo Duterte.

Tahun lalu, China juga telah memberikan donasi kepada Filipina berupa 6.000 unit senapan serbu dan ratusan senapan penembak jitu, serta senjata ringan dan amunisi.

"Semua peralatan tersebut masih baru," kata juru bicara Angkatan Laut Filipina Jonathan Zata mengenai pemberian bantuan oleh China tersebut.

Ditambahkannya, pihak militer Filipina saat ini tengah mencari cara untuk dapat mengintegrasikan bantuan tersebut dan memberikan dukungan logistik secara jangka panjang.

Bantuan senapan oleh China sebelumnya telah disalurkan kepada Polisi Nasional Filipina (PNP) dan membantu mengisi kekurangan persenjataan setelah adanya pembatalan penjualan sebanyak 26.000 senapan M4 oleh AS pada 2016.

Pembatalan transaksi tersebut setelah adanya larangan dari legislator AS yang khawatir jika persenjaataan tersebut akan digunakan pemerintah Filipina dalam memerangi rakyatnya dengan dalih pemberantasan narkoba.

Pemerintah Filipina sejak dua tahun lalu tengah gencar memberikan tindakan tegas kepada tersangka kasus narkoba hingga menewaskan ribuan warga Filipina dan dikecam sebagai pelanggaran hak asasi manusia.

Presiden Duterte yang hubungannya dengan AS tengah dalam kondisi kritis kini ingin dapat mengembangkan hubungan politik dan perdagangan dengan China.

Sementara bagi China, pemberian donasi tersebut sebagai diplomasi baru dengan Filipina yang juga sempat terlibat perselisihan teritorial di Laut China Selatan.

Meski demikian, bantuan persenjataan yang diberikan China untuk Filipina masih jauh di bawah bantuan yang pernah disumbangkan AS, yang memiliki perjanjian sekutu pertahanan dengan Manila sejak 1950-an.

Selama lima tahun terakhir, AS telah memberikan bantuan persenjataan militer kepada Filipina berupa drone, kapal, pesawat mata-mata, hingga senapan serbu yang jika ditotal bernilai hingga 15 miliar peso (sekitar Rp 4 triliun).

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/30/13321681/china-donasikan-kapal-dan-peluncur-granat-roket-untuk-filipina

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke