Salin Artikel

Taliban Mengklaim Bertemu Pejabat AS Bahas Perdamaian

Dilaporkan Sky News Sabtu (28/7/2018), dari keterangan sumber itu, Taliban telah melakukan diskusi terkait perdamaian kepada diplomat itu.

Adapun diplomat yang dimaksud adalah Alice Wells, yang menjabat sebagai utusan AS untuk kawasan Asia Selatan.

"Ini masih diskusi awal. Mereka bertemu untuk membahas agenda pertemuan berikutnya dan kontak," kata pejabat anonim tersebut.

Washington tidak memberikan bantahan maupun konfirmasi atas kabar tersebut. Namun, Wells dilaporkan tengah berada di Qatar pekan ini.

Mantan Duta Besar AS untuk Jordania itu bertemu pemerintahan setempat untuk membahas "perkembangan perdamaian di Afghanistan.

AS menambahkan bahwa mereka mencoba semua skenario untuk perdamaian dan tetap mempertahankan kontak dengan pemerintah Afghanistan.

Adapun anggota anonim yang memberi tahu soal pertemuan tersebut merupakan pejabat senior pada kantor politik Taliban di Qatar

AS memimpin sekutunya untuk menginvasi Afghanistan setelah insiden pada 11 September 2001, atau yang dikenal dengan 9/11.

2017 lalu, Presiden Donald Trump menegaskan pasukannya bakal berada di sana hingga mereka meraih "kemenangan" di Afghanistan.

Adapun Inggris mengerahkan 440 personel militer non-tempur di sana, sekaligus memenuhi komitmen mereka sebagai anggota NATO.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/28/20000051/taliban-mengklaim-bertemu-pejabat-as-bahas-perdamaian

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke