Salin Artikel

Kim Jong Un Ingin Tentara Korea Utara Konsumsi Makanan Bergizi

Demikian laporan kantor berita Korea Utara KCNA seperti dikutip Straits Times dari Reuters pada Rabu (25/7/2018).

Pernyataan tersebut dia lontarkan ketika mengunjungi pabrik makanan untuk militer. Kim mengatakan, pabrik harus memproduksi makanan bergizi dan enak untuk para prajurit.

"Pejabat dan karyawan pabrik harus selalu memenuhi rencana produksi dalam semua lini, mengingat niat mulia pemimpin Kim Jong Il (mendiang ayahnya) yang tidak membiarkan para prajurit kurus," ucapnya.

"Pastikan mereka semua tetap mendapatkan perhatian ini," imbuhnya.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan memperkirakan ada sekitar 1,28 juta warga yang aktif dalam tugas militer di Korea Utara.

Seperti diketahui, masalah nutrisi menjadi sorotan utama tahun lalu di negeri yang terisolasi itu.

Seorang tentara Korea Utara yang menerjang peluru untuk membelot ke Korea Selatan menjadi petunjuk masalah gizi yang dihadapi prajurit, sebab dalam perut tentara tersebut ditemukan biji jagung.

Program Pangan Dunia menyatakan, masalah utama dalam pola makan di Korea Utara yang kebanyakan mengonsumsi beras atau jagung, kimchi, dan pasta kacang, sehingga kekurangan lemak esensial dan protein.

Selama berkunjung di pabrik itu, Kim mengatakan tentara akan membutuhkan berbagai produk berbasis kedelai untuk kesehatan, terutama kedelai yang difermentasi.

Sebelum melakukan inspeksi ke pabrik makanan militer, Kim juga memeriksa fasilitas industri dan zona ekonomi khusus yang berbatasan dengan China.

Kim juga pernah meninjau ladang kentang di Junghung, Samiyon, dekat perbatasan China pada bulan ini.

Kemudian, Kim beralih menginspeksi ke pabrik pengolahan kentang menjadi tepung, serta memeriksa konstruksi bangunan di kawasan yang sama.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/25/11272041/kim-jong-un-ingin-tentara-korea-utara-konsumsi-makanan-bergizi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke