Salin Artikel

Junta Thailand Bakal Awasi Ketat Pembuatan Film Tentang Penyelamatan di Goa

Menteri Kebudayaan Thailand Vira Rojpochanarat mengatakan, pihaknya bakal mengajukan pembentukan komite khusus dalam rapat kabinet mendatang.

Komite khusus tersebut yang nantinya akan bertugas mengawasi proses produksi film, dokumenter maupun video yang berkaitan dengan kisah 12 anak-anak dan pelatih mereka yang terjebak di goa selama hampir tiga pekan.

Kisah penyelamatan yang melibatkan ratusan penyelam dari berbagai negara hingga tim angkatan laut Thailand itu sempat menyita perhatian dan menjadi tajuk utama media di dunia.

Operasi penyelamatan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Thailand tersebut berlangsung sukses dengan seluruh anak maupun pelatih dapat dikeluarkan dengan selamat dari dalam goa. Meskipun dalam prosesnya, seorang penyelam dari tim penyelamat meninggal dunia.

Dilansir dari SCMP, Departemen Perfilman Thailand telah mengeluarkan regulasi produksi film yang direkam oleh perusahaan asing. Regulasi tersebut bakal mengatur naskah hingga izin pembuatan film oleh perusahaan asing di Thailand.

Menteri Kebudayaan Thailand mengatakan bahwa komite khusus nantinya akan mengawasi konten, mengeluarkan perizinan hinga melindungi privasi anggota tim sepak bola dan keluarga mereka.

Menteri Vira mengatakan, setidaknya lima perusahaan film asing telah menunjukkan minatnya untuk membuat film atau dokumenter tentang kisah penyelamatan tersebut.

Beberapa perusahaan bahkan telah meninjau lokasi untuk mengumpulkan informasi.

"Tak hanya perusahaan film asing, produser film lokal Thailand juga telah menunjukkan minatnya, meski belum menghubungi pemerintah," kata Vira.

"Kisah ini telah memiliki semua unsur yang dibutuhkan. Jika berbicara tentang drama dalam pembuatan film, kisah ini telah memiliki segalanya."

"Kisah ini memiliki kesedihan dan kehilangan hingga kegembiraan. Isi dan cerita yang dimilikinya sudah sangat lengkap untuk pembuatan film, bahkan saat tidak ditambahkan drama lain untuk membuatnya menarik," kata Vira.

Sejumlah lukisan mural hingga patung juga telah banyak dipesan untuk memperingati kisah penyelamatan goa ini.

Beberapa lebih fokus pada sosok Saman Gunan, mantan Angkatan Laut Thailand yang meninggal saat melakukan misi penyelamatan. Saman telah diperlakukan seperti pahlawan nasional.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/22/14531191/junta-thailand-bakal-awasi-ketat-pembuatan-film-tentang-penyelamatan-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke