Salin Artikel

Korban Racun Saraf Novichok di Inggris Keluar dari Rumah Sakit

Sebelumnya, dia dan kekasihnya, Dawn Sturgess (44), dilarikan ke rumah sakit pada 30 Juni 2018, setelah terpapar racun yang juga digunakan untuk menyerang mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal dan putrinya pada Maret lalu.

Rowley dan Sturgess tinggal di Amesbury, sekitar 13 km dari lokasi Skripal terpapar racun era Uni Soviet itu di Salisbury.

Nyawa Sturgess tak bisa diselamatkan dan dia meninggal dunia pada pekan lalu.

"Charlie telah melalui pengalaman mengerikan yang tidak pernah kita bayangkan," kata direktur keperawatan RS Distrik Salisbury Lorna Wilkinson, seperti dikutip dari CNN.

Sejauh ini, polisi belum menemukan indikasi kemungkinan pasangan tersebut telah menjadi target serangan racun saraf Novichok.

Penyidik menduga Rowley dan Sturgess menyentuh barang yang terkontaminasi racun saraf kelas militer tersebut. Barang itu diduga merupakan botol parfum kecil yang ditemukan di kediaman Rowley.

Terkait kasus serangan racun saraf terhadap Skripal dan putrinya, Yulia, polisi Inggris telah mengidentifikasi dua tersangka pelaku.

Sky News melaporkan, polisi telah mengumpulkan 5.000 jam rekaman CCTV di sekitar area lokasi serangan, di Salisbury, Wiltshire.

Kemudian, rekaman itu dicocokkan dengan rekaman CCTV yang diambil dari Bandara Heathrow dan bandara lain.

"Penyidik yakin telah mengidentifikasi beberapa pelaku serangan Novichok dengan melihat CCTV dan melakukan pemeriksaan terhadap orang yang masuk ke negara ini pada waktu itu," kata seorang sumber.

Setelah menjalani perawatan intensif, Skripal dan putrinya juga telah keluar dari rumah sakit.

Duta Besar Rusia untuk Inggris Alexander Yakovenko mengabaikan klaim tersebut ketika berada di sebuah acara Kementerian Luar Negeri Rusia, di Moskwa, Kamis (19/7/2018).

"Itu merupakan laporan dari media," katanya.

Sementara, Polisi Metropolitan London yang menginvestigasi kasus penyerangan terhadap Skripal menolak untuk berkomentar.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/21/15004911/korban-racun-saraf-novichok-di-inggris-keluar-dari-rumah-sakit

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.