Salin Artikel

Presiden Taiwan Bakal Diizinkan Transit di Bandara AS saat Kunjungi Paraguay

Namun menurut sebuah sumber yang memiliki hubungan dekat dengan otoritas AS maupun Taiwan, Presiden Tsai tetap tidak dapat melewati bandara di kota-kota dengan profil tinggi, seperti Washington atau New York.

Melansir dari SCMP, Taipei telah mengkonfirmasi pada Selasa (17/7/2018) bahwa Presiden Tsai menerima undangan untuk menghadiri pelantikan Mario Benitez sebagai presiden Paraguay, pada 15 Agustus mendatang.

Paraguay merupakan satu-satunya negara di Amerika Selatan yang memiliki hubungan diplomatik penuh dengan Taipei.

Menurut sumber, Presiden Tsai akan diperbolehkan menggunakan bandara di Houston, Texas atau Miami, Florida, sebagai bandara transit sebelum melanjutkan penerbangan ke Paraguay.

Rencana AS mengizinkan penggunaan bandara di wilayahnya dilihat sebagai bentuk dukungan Washington terhadap pemerintahan pulau tersebut.

Namun demikian, demi menghindari perselisihan yang lebih jauh dengan Beijing, pemerintahan Presiden Donald Trump akan tetap menutup kemungkinan digunakannya bandara di Washington dan New York.

Meski ada pihak yang menyebut bandara di New York masih memungkinkan karena memiliki sejarah pernah menjadi tuan rumah untuk kunjungan pemimpin Taiwan.

Sumber tersebut mengatakan, kedua pemerintahan belum memutuskan kota mana yang akan dipilih sebagai lokasi transit pesawat kepresidenan Taiwan.

"Mungkin juga Presiden Tsai akan singgah di tempat yang sebelumnya belum pernah dikunjungi," kata sumber.

Jika benar Presiden Tsai berhenti di bandara AS, hal tersebut berpotensi membawa Taiwan lebih jauh ke tengah ketegangan geopolitik antara AS dengan China, yang juga sedang terlibat perang perdagangan.

Dalam sebuah email yang dikirimkan Departemen Luar Negeri AS, pada Kamis (19/7/2018), mengatakan bahwa Amerika Serikat akan memfasilitasi, dari waktu ke waktu, perwakilan dari otoritas Taiwan untuk transit di AS.

Beijing secara tegas menentang langkah yang diambil AS, mengingat masih menganggap Taiwan sebagai bagian dari China. Namun pemerintah negara pulau tersebut menolak kebijakan "Satu China", terutama sejak Tsai menjabat sebagai presiden pada Mei 2016.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/20/20342571/presiden-taiwan-bakal-diizinkan-transit-di-bandara-as-saat-kunjungi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke