Salin Artikel

Berkat Donatur, Semua Mahasiswa Kedokteran Ini Hemat Biaya Kuliah Rp 1,4 Miliar

Seorang donatur yang enggan disebutkan namanya menyumbangkan 3 juta dollar AS atau sekitar Rp 43,5 miliar untuk perguruan tinggi di negara bagian Texas itu.

Sebanyak 30 mahasiswa kedokteran di universitas tersebut akan mulai mendaftar pada musim gugur tahun depan.

Berkat sumbangan senilai Rp 43,5 miliar, masing-masing dari 30 mahasiswa akan menghemat sekitar 100.000 dollar AS atau Rp 1,4 miliar.

Kelas pertama bidang kedokteran di University of Houston akan dibuka pada 2020.

"Pinjaman pendidikan untuk mahasiswa menjadi penghalang nomor satu bagi mereka ketika mendaftar kuliah kedokteran," kata Renu Khator, rektor universitas tersebut, seperti dikutip dari CNN, Kamis (19/7/2018).

"Hadiah berlimpah ini akan memungkinkan mahasiswa bisa kuliah dan memimpin angkatan kerja bidang medis di masa depan," imbuhnya.

Donasi semacam itu merupakan hal yang luar biasa bagi dunia pendidikan AS, mengingat utang pendidikan atau student loan sudah mencapai 1,5 triliun dollar AS.

Utang rata-rata seorang mahasiswa kedokteran di AS pada tahun lalu mencapai 192.000 dollar AS atau Rp 2,7 miliar.

Sementara, biaya rata-rata kuliah kedokteran selama empat tahun di universitas negeri mencapai 243.902 dollar AS atau Rp 3,5 miliar.Biaya kuliah di universitas swasta bahkan jauh lebih tinggi lagi.

Menurut juru bicara University of Houston Chris Stipes, biaya kuliah lanjutan kelas kedokteran mencapai 25.000 dollar per tahun atau sekitar Rp 363 juta.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/20/09433761/berkat-donatur-semua-mahasiswa-kedokteran-ini-hemat-biaya-kuliah-rp-14

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke