Salin Artikel

Pemberontak Serahkan Wilayah Dekat Dataran Tinggi Golan ke Pemerintah Suriah

Provinsi di barat daya Suriah itu merupakan zona sensitif berbentuk tipis dan menyerupai sabit yang berbatasan dengan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, kelompok pemberontak telah menguasai sebagian besar wilayah provinsi tersebut selama bertahun-tahun.

Namun sesuai kesepakatan dengan Rusia, mereka akan menyerahkan kendali wilayah tersebut pada pemerintah.

"Kesepakatan yang telah dicapai meliputi gencatan senjata, penyerahan persenjataan berat dan menengah, serta kembalinya institusi pemerintah ke wilayah tersebut," kata Kepala Observatori, Rami Abdel Rahman, kepada AFP, Kamis (19/7/2018).

Di bawah kesepakatan tersebut, otoritas berwajib Suriah akan mengambil wilayah kelompok oposisi di zona penyangga.

Bagi anggota kelompok pemberontak yang menolak persyaratan perjanjian akan diberi jalur aman ke bergerak ke wilayah yang masih dikuasai oposisi di Suriah utara.

Seorang anggota delegasi kelompok pemberontak memberikan konfirmasi kepada AFP bahwa kesepakatan telah dicapai dan pasukan pro-pemerintah akan segera memasuki zona penyangga.

Namun demikian tidak disampaikan kapan penyerahan tersebut akan dilakukan.

Kantor berita pemerintah, SANA mengatakan, pihaknya telah mendapat informasi awal mengenai kesepakatan dengan pasukan pemerintah untuk kembali ke posisi awal di wilayah tersebut seperti sebelum 2011 lalu.

Namun ditambahkan Observatorium, kesepakatan yang dicapai antara pemerintah dengan pasukan pemberontak tidak termasuk pasukan Hayat Tahrir al-Sham, aliansi yang menguasai wilayah di Quneitra dan Daraa.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/19/22002391/pemberontak-serahkan-wilayah-dekat-dataran-tinggi-golan-ke-pemerintah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke