Salin Artikel

Perketat Blokade, Israel Cegah Pengiriman Bahan Bakar ke Gaza

Kementerian Pertahanan Israel telah mengumumkan pada Senin (16/7/2018) malam, pengetatan blokade yang dimulai pada Selasa (17/7/2018) untuk mencegah pengiriman bahan bakar melalui satu-satunya jalur masuk barang-barang ke wilayah Gaza.

Penutupan sebagian besar jalur masuk barang-barang menuju Gaza tersebut telah dilakukan sejak pekan lalu, menyusul serangan layang-layang dan balon pembakar yang diterbangkan memasuki wilayah Israel sejak berbulan-bulan lalu.

Seorang juru bicara pemadam kebakaran Israel mengatakan telah terjadi sebanyak 750 kebakaran yang merusak hingga 2.600 hektare lahan milik warga Israel dengan kerugian mencapai jutaan shekel atau miliaran rupiah.

"Pengiriman bahan bakar akan dihentikan hingga Minggu (22/7/2018)," kata kementerian dalam pernyataannya dilansir AFP.

Selain pengetatan pengiriman barang menuju Gaza, otoritas Israel juga memberlakukan pengurangan luas zona menangkap ikan di Jalur Gaza dari enam menjadi hanya tiga mil laut (sekitar 5,5 kilometer) dari garis pantai.

Titik perlintasan barang, yang dikenal dengan nama Kerem Shalom, akan tetap dapat dilalui untuk bahan makanan dan obat-obatan berdasarkan kasus demi kasus.

"Mengingat upaya teror yang terus menerus dilakukan oleh Hamas, Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman memutuskan, setelah berkonsultasi dengan kepala staf militer, akan menutup Kerem Shalom untuk kiriman bahan bakar dan gas hingga Minggu," lanjut pernyataan kementerian.

Tindakan Israel mencegah pengiriman bahan bakar dikecam Hamas, yang mengendalikan Jalur Gaza, dengan menyebutnya sebagai kejahatan melawan kemanusiaan.

Warga Palestina di Gaza memandang balon dan layang-layang pembakar yang mereka terbangkan sebagai bentuk perlawanan yang sah terhadap blokade Israel selama lebih dari satu dekade.

Perlintasan Kerem Shalom yang ditutup tersebut merupakan satu-satunya jalan masuk untuk barang-barang menuju Gaza, sementara perlintasan di Erez hanya dikhususkan untuk penyeberangan orang-orang.

Masih ada satu perlintasan lain menuju Gaza yakni yang berbatasan dengan Mesir, yang sebagian besar ditutup selama bertahun-tahun. Namun sejak pertengahan Mei telah dibuka oleh Mesir.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/17/16510561/perketat-blokade-israel-cegah-pengiriman-bahan-bakar-ke-gaza

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke