Salin Artikel

Siswi Sekolah di Wilayah Australia Ini Boleh Pakai Celana Pendek

The Queensland Times mewartakan pada Minggu (15/7/2018), sekolah negeri di Queensland diwajibkan menawarkan celana pendek dan celana panjang sebagai bagian dari pilihan seragam bagi siswi.

Peninjauan baru-baru ini mengenai standar seragam sekolah menemukan bahwa 60 persen sekolah telah mencantumkan pilihan celana kepada siswi.

Menteri Pendidikan Queesland Ignazia Graziella Grace atau kerap disapa Grace Grace menyatakan, beberapa sekolah belum memperbarui seragam sekolah untuk para muridnya.

"Kami mengetahui sekitar 60 persen sekolah negeri telah menawarkan pilihan seragam itu bagi siswi. Tapi kami menemkan beberapa sekolah belum memperbarui seragam selama beberapa tahun," katanya.

Menurut dia, semua murid perempuan harus terlibat dalam kegiatan bermain yang aktif dan aktivitas di ruang kelas, atau bersepeda menuju sekolah, tanpa dibatasi oleh pakaian yang mereka kenakan.

"Saya meminta departemen untuk memperbarui kebijakan seragam," ucapnya.

"Kemudian memastikan kami memiliki 100 persen sekolah negeri yang menawarkan berbagai macam pilihan seragam, termasuk celana panjang dan celana pendek untuk siswi," imbuh Grace.

Sebelumnya, sekolah Stretton sudah mengizinkan siswi memakai celana pendek.

Kepala sekolah tersebut Jan Maresca mengatakan, hanya sekitar setengah dari para murid perempuan yang ingin mengenakan rok.

"Kami mendengarkan siswi kami dan membuat perubahan sehingga mereka bisa merasa nyaman dengan seragam mereka," katanya seperti dilansir The New Daily.

"Anda akan melihat siswi menendang bola, bermain bola tangan, berbaring di bawah pohon sambil membaca buku dan bergelantungan tanpa batas," ucapnya.

The Guardian mencatat sebuah studi pada 2012 oleh Universitas Wollongong menemukan, murid perempuan sengaja duduk pada jam istirahat makan siang karena mereka khawatir rok yang dipakai akan tersingkap.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/16/11094821/siswi-sekolah-di-wilayah-australia-ini-boleh-pakai-celana-pendek

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke