Salin Artikel

Tim Sepak Bola Remaja Thailand Awalnya Berencana Hanya Satu Jam di Goa

Namun saat hendak keluar dari dalam goa, mereka terkejut karena jalan keluar yang sudah terendam air.

Hal tersebut diungkapkan oleh orangtua salah satu dari 12 anak yang terjebak.

Aikhan Wiboonrungruang (33), ibu dari Chanin, anggota termuda dari tim sepak bola Wild Boar, mengatakan kepada The Bangkok Post, setelah kembali bertemu dengan putranya di rumah sakit.

Menurut Aikhan, putranya bercerita kepadanya jika mereka awalnya hanya ingin menjelajah ke dalam goa Tham Luang selama kurang dari satu jam.

Karena tidak bermaksud berlama-lama di dalam goa, mereka tidak membawa cukup persediaan makanan dan minuman.

Namun hujan deras tanpa disangka telah menyebabkan mulut goa terbenam banjir dan memaksa mereka justru masuk lebih jauh ke dalam goa.

"Setelah tiga malam di dalam goa tanpa makanan, anak saya mulai merasa sangat lapar sampai menangis," kata Aikhan.

"Dia hanya bisa bertahan dengan tetesan air yang mengalir dari batu goa. Dia juga mengatakan jika suhu udara sangat dingin ditambah gelap gulita. Mereka berbaring sambil saling berpelukan," tambahnya.

Orangtua lainnya, Banphot Konkham (45), ayah dari Duangthep Phromthep, mengatakan pelatih mereka, Ekapol Chathawong menyemangati anak-anak dan mengajarkan kepada mereka cara bermeditasi untuk membantu meredakan rasa lapar sekaligus menyimpan tenaga.

Pelatih Ekapol juga yang membantu menemukan sumber air untuk minum dari tetesan batu di atap goa dengan menggunakan senter.

Sebanyak 12 anak anggota tim sepak bola remaja asal Thailand dilaporkan hilang setelah masuk ke dalam Goa Tham Luang, pada 23 Juni. Mereka baru ditemukan sembilan hari kemudian oleh dua orang penyelam.

Misi evakuasi yang melibatkan lebih dari 100 penyelam dilakukan selama tiga hari sejak Minggu (8/7/2018) pekan lalu dan berhasil membawa keluar ke-12 anak serta pelatih mereka.

Saat ini ke-12 anak tersebut tengah dirawat di Rumah Sakit Chiangrai Prachanukroh untuk pemulihan dan rencananya diperbolehkan pulang pada Kamis (19/7/2018) mendatang.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/15/07070051/tim-sepak-bola-remaja-thailand-awalnya-berencana-hanya-satu-jam-di-goa

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.