Salin Artikel

Slowakia Beli 14 Unit Jet Tempur F-16 Buatan AS

Disampaikan Perdana Menteri Slowakia Peter Pellegrini, kesepakatan tersebut bernilai hampir 1,6 miliar euro (sekitar Rp 26,9 triliun), dan telah meliputi pelatihan, amunisi dan logistik.

Nilai tersebut dianggap lebih murah dibandingkan opsi lain dan masih masuk dalam batas kemampuan anggaran yang dimiliki Slowakia.

Jet tempur F-16 Block 70/72 tersebut nantinya akan menggantikan pesawat Mig-29 buatan Rusia yang kini digunakan angkatan udara Slowakia.

Melansir dari AFP, sebelum memutuskan membeli jet tempur buatan AS tersebut, Slowakia sempat membandingkannya dengan jet tempur buatan Swedia, JAS-39 Saab Gripen.

Namun kabinet lebih memilih F-16 dibandingkan Saab Gripen setelah mempertimbangkan kesiapan pemerintah AS untuk melakukan proses penandatanganan kesepakatan, sementara Swedia baru bersedia membahas rincian kontrak setelah pemerintah membuat keputusan.

"Ini adalah pesawat modern berkualitas tinggi, tak tertandingi dalam hal harga, kualitas dan kesesuaian, serta masih dalam batas kemampuan kami sebagai negara," kata Menteri Pertahanan Peter Gajdos menambahkan, dalam pernyataan resmi kementeriannya.

Sementara dari produsen jet tempur F-16, Lockheed Martin, menyambut baik tercapainya kesepakatan antara Slowakia dengan AS.

"Kami senang karena Slowakia telah memilih F-16. Kemitraan ini akan memberi kemampuan baru kepada angkatan bersenjata Slowakia sekaligus memperkuat kemitraan strategis dengan NATO dan AS," kata juru bicara Lockheed, John Losinger.

Selain Slowakia, negara tetangganya, Polandia juga menggunakan F-16 buatan AS. Sementara Hungaria dan Republik Ceko lebih memilih menggunakan Saab Gripen buatan Swedia.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/12/16203851/slowakia-beli-14-unit-jet-tempur-f-16-buatan-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke