Salin Artikel

Tim Penyelamat Bakal Keluarkan 5 Orang Tersisa dari Goa

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Chiang Rai sekaligus ketua tim penyelamat, Narongsak Osottanakorn, seperti dilansir AFP Selasa (10/7/2018).

"Pada hari ini (Selasa), kami berencana untuk mengeluarkan empat remaja dan seorang pelatih mereka dari goa," kata Osottanakorn dalam konferensi pers.

Tidak hanya anggota tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) yang tersisa, operasi itu juga mengeluarkan seorang dokter dan tiga orang penyelam angkatan laut.

Sebab, mereka telah mendampingi ke-13 anggota klub sepak bola itu sejak mereka pertama kali ditemukan pada pekan lalu (2/7/2018).

Tim sepak bola Mu Pa yang terperangkap di Goa Tham Luang sejak 23 Juni lalu menjadi perhatian dunia tatkala mereka berhasil ditemukan.

Thailand kemudian menghelat operasi penyelamatan untuk mengeluarkan mereka dengan dibantu para penyelam profesional dari seluruh dunia.

Berkekuatan 90 orang gabungan penyelam lokal dan internasional, Thailand melaksanakan operasi untuk mengeluarkan seluruh tim dari goa.

Selain hujan deras dan ancaman air yang meninggi, kendala lain adalah medan goa yang berliku dan membingungkan bagai labirin.

Menggunakan opsi menyelam, tim penyelamat berhasil mengevakuasi empat orang remaja dalam operasi yang digelar pada Minggu (8/7/2018).

Kemudian empat orang remaja lainnya dikeluarkan dari goa pada Senin (9/7/2018). Mereka semua saat ini dirawat di Rumah Sakit Chiang Rai Prachanukroh.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/10/12565281/tim-penyelamat-bakal-keluarkan-5-orang-tersisa-dari-goa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke