Salin Artikel

Kim Jong Un Kirim Surat ke Adik Fidel Castro

Media Korut KCNA seperti dikutip Yonhap memberitakan Minggu (8/7/2018), surat itu diberikan Wakil Ketua Partai Buruh, Ri Su Yong.

Ri datang ke Havana pekan lalu (5/7/2018), dan bertemu dengan Castro yang menjabat Sekretaris Pertama Partai Komunis Kuba.

Kedatangan Ri juga memberikan selamat kepada Miguel Diaz-Canel yang naik menjadi Presiden Kuba menggantikan Castro pada 19 April lalu.

Dalam laporan KCNA, Ri memberikan memberikan surat kepada Castro sekaligus berkata Kim menyampaikan salam hangat kepada pemimpin 87 tahun itu.

"Raul Castro mengucapkan terima kasih serta meminta Ri menyampaikan bahwa Castro juga menyampaikan salam hangat kepada Ketua Kim," demikian laporan KCNA.

Raul Castro menjadi presiden sejak 24 Februari 2008 menggantikan sang kakak Fidel, dan mundur pada 19 April lalu, serta menyerahkannya kepada Diaz-Canel.

Kunjungan tersebut merupakan manuver terbaru yang dilakukan Korut untuk meningkatkan hubungan dengan para sekutu tradisionalnya.

Maret dan Mei lalu, Kim mengunjungi China dan bertemu Presiden Xi Jinping. Itu merupakan kunjungan perdana Kim ke luar negeri sejak berkuasa di 2011.

Selain itu, Korut melakukan pemulihan hubungan antara lain dengan Korea Selatan (Korsel). Pada 27 April, Kim menjadi Pemimpin Korut pertama yang menginjakkan kakinya di Korsel ketika bertemu Presiden Moon Jae In.

Pertemuan di desa perbatasan Panmunjom tersebut merupakan Konferensi Tingkat Antar-Korea ketiga setelah 2000 dan 2007.

Puncaknya adalah ketika Kim bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Hotel Capella, Singapura, pada 12 Juni.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/09/15141891/kim-jong-un-kirim-surat-ke-adik-fidel-castro

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke