Salin Artikel

4 Remaja Berhasil Dikeluarkan dari Goa di Thailand

Diwartakan AFP, dua remaja laki-laki pertama muncul pada senja hari dari kompleks goa, setelah mereka melalui rute berbahaya sejauh empat kilometer melalui lorong berliku, sempit, dan tajam.

Tak lama kemudian, dan dua lainnya keluar dari goa. Mereka semua langsung dilarikan ke rumah sakit. Sebelumnya, dilaporkan enam orang dari kelompok tersebut telah keluar dari goa. Namun, kemudian dikonfirmasi ada empat yang berhasil keluar.

Penyelam elit asing dan Angkatan Laut Thailand pada Minggu (8/7/2018) pagi memulai operasi pengamanan di sekitar kompleks goa untuk mengeluarkan 12 remaja dan pelatih sepak bola mereka.

Tim penyelamat berlomba dengan waktu, sebab hujan lebat diperkirakan turun sehingga dapat memicu banjir yang akan menghancurkan misi penyelamatan.

"Hari ini adalah hari H. Anak-anak siap menghadapi tantangan apa pun," kata kepala tim penyelamat Narongsak Osattanakorn kepada wartawan, Minggu pagi.

Tim sepak bola remaja dan pelatihnya terperangkap di ruang sempit yang jauh di dalam goa Tham Luang, wilayah pegunungan di Thailand utara, sejak 23 Juni 2018.

Mereka masuk setelah latihan sepak bola, dan air mengisi ruangan goa akibat hujan deras sehingga membuat mereka terjebak.

Sebelumnya, Narongsak menyatakan misi penyelamatan tersebut sebagai "Mission Impossible", sebab petugas harus berhati-hati membawa mereka keluar dari goa.

Misi penyelamatan yang terjadi dengan cepat untuk mengeluarkan para remaja dari goa mengejutkan salah satu komandan militer. Upaya evakuasi tersebut awalnya diperkirakan bakal memakan waktu beberapa hari.

Seperti diketahui, sekelompok remaja tersebut ditemukan dalam keadaan berantakan dan kelaparan oleh pakar penyelam goa asal Inggris, setelah terjebak selama 9 hari di goa.

Kedua penyelam tersebut memberanikan diri untuk masuk lebih jauh ke dalam goa.

Kematian seorang penyelam yang juga mantan AL Thailand karena kehabisan oksigen pada Jumat lalu menandai bahaya yang mengintai dalam perjalanan keluar goa, bahkan untuk seorang profesional sekali pun.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/08/21160631/4-remaja-berhasil-dikeluarkan-dari-goa-di-thailand

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke