Salin Artikel

Ledakan di Gudang Penyimpanan Kembang Api di Meksiko, 19 Orang Tewas

Di antara korban meninggal tersebut termasuk empat petugas pemadam kebakaran, empat petugas polisi daerah dan seorang anggota kepolisian negara bagian.

Melansir dari AFP, insiden ledakan terjadi di kota Tultepec, yang dikenal sebagai pusat para seniman kembang api. Di kota itu juga tercatat telah terjadi beberapa kali kecelakaan kembang api yang menelan banyak korban jiwa.

Insiden pada Kamis (5/7/2018) kemarin bermula dari ledakan di sebuah gudang penyimpanan yang terjadi sekitar pukul 9.30 pagi waktu setempat.

Petugas kepolisian bersama dinas pemadam kebakaran segera tiba di lokasi ledakan di kawasan Xahuento yang berada di pinggiran kota.

Akibat serangkaian ledakan yang terjadi, setidaknya empat gudang penyimpanan telah rata dengan tanah, sebelum akhirnya api dapat dikendalikan. Demikian diberitakan surat kabar Reforma.

Gubernur Tultepec Alfredo del Mazo telah memerintahkan kepada departemen interior dan kesehatan negara untuk meninjau lokasi dan mengurus para korban dan keluarga mereka.

Kota Tultepec dikenal sebagai kota pembuat kembang api tradisional Meksiko yang digunakan dalam perayaan hari besar. Di kota itu telah berulang kali terjadi insiden ledakan.

"Penduduk di sini bersikeras melanjutkan profesi mereka sebagai pembuat kembang api karena merasa hal itu sudah menjadi bagian dari tradisi."

"Namun mereka tidak memperhatikan konsekuensi yang ditimbulkan. Hal ini sangat meresahkan karena rekan petugas kami akhirnya menjadi korban karena menyelamatkan mereka," kata salah seorang petugas penyelamat.

Pada Desember 2016, serangkaian ledakan di pasar kembang api terbesar di Tultepec, San Pablito telah menewaskan 42 orang dan melukai 70 lainnya.

Sekitar sepuluh tahun sebelumnya, dua kali ledakan juga sempat terjadi di pasar itu, yakni pada 2005 dan 2006. Puluhan orang terluka, namun tidak sampai timbul korban jiwa.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/06/06060081/ledakan-di-gudang-penyimpanan-kembang-api-di-meksiko-19-orang-tewas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke