Salin Artikel

Trump Tegaskan Pembicaraan dengan Korea Utara Berjalan Baik

Pernyataan Trump yang disampaikan pada Selasa (3/7/2018) itu muncul menyusul kabar terkait Korea Utara yang justru meningkatkan produksi bahan bakar nuklirnya meski telah ada kesepakatan denuklirisasi dengan AS.

"Banyak pembicaraan yang baik dengan Korea Utara. Semuanya berjalan dengan baik!" kata Trump dalam twitnya, menambahkan tidak ada uji coba nuklir maupun peluncuran roket yang dilakukan Pyongyang selama delapan bulan terakhir.

"Seluruh Asia merasa senang. Hanya pihak oposisi, termasuk berita palsu yang mengeluh. Jika saja bukan karena saya, mungkin kita sedang berperang dengan Korea Utara," tambah Trump.

Washington Post, pada Minggu (1/7/2018), tanpa menyebut nama mengutip sumber pejabat AS menuliskan tentang bukti meyakinkan yang menunjukkan Pyongyang telah menipu Washington.

Sementara NBC memberitakan tentang produksi bahan bakar nuklir yang terus ditingkatkan oleh Korea Utara.

Pernyataan dari kelompok pengawas Korea Utara, mengacu hasil citraan satelit, juga menyebutkan adanya pembangunan fasilitas penelitian nuklir di Yongbyon, yang menurut Trump justru telah dihancurkan, bersama tiga situs lainnya.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dikabarkan juga akan kembali ke Pyongyang pada Kamis (5/7/2018) untuk membahas perincian dari perjanjian yang ditandatangani Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Kunjungan Pompeo ke Korea Utara juga untuk membahas jadwal pertemuan kedua Trump dengan Kim.

Diberitakan Axios, kemungkinan pertemuan kedua tersebut akan dilangsungkan di kota New York.

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/04/00322701/trump-tegaskan-pembicaraan-dengan-korea-utara-berjalan-baik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke