Salin Artikel

Biografi Tokoh Dunia: Pierre Culliford, "Ayah" Para Smurf

Peyo adalah seorang kartunis asal Belgia yang mulai dikenal di era tahun 1950-an. Karyanya yang banyak dikenal publik di antaranya komik strip Smurf dan Johan and Peewit.

Pierre Culliford lahir pada 25 Juni 1928 di Schaerbeek, kawasan di Belgia yang berbatasan dengan Brussels. Sang ayah berdarah Inggris, sedangkan ibunya asal Belgia.

Nama pena Peyo yang digunakannya terinspirasi dari saudara sepupunya di Inggris yang kesulitan mengucap kata "Pierro", bentuk kecil dari namanya "Pierre".

Dia mulai bekerja di bidang seni kartun setelah menyelesaikan pendidikan di sebuah sekolah seni di Brussels, Belgia.

Pekerjaan pertamanya adalah di sebuah studio animasi kecil bernama Compagnie Belge d'Animation, juga di kota Brussels pada 1944. Namun studio tersebut tutup setelah terjadi perang.

Setelahnya dia mulai menggambar untuk surat kabar harian, membuat komik strip. Karya pertamanya dimuat di harian La Dernière Heure.

Antara tahun 1949 hingga 1952, Peyo menggambar kartun kisah seekor kucing yang diberi judul Poussy. Kartun ini dimuat di surat kabar berbahasa Perancis, Le Soir.

Pada 1952, Peyo kenalkan Andre Franquin, rekannya saat masih bekerja di studio animasi, kepada sebuah majalah komik anak-anak, Spirou, yang diterbitkan penerbit besar Dupuis.

Di majalah tersebut, Peyo menjadi pembuat karakter dan penulis cerita. Salah satu komik terkenal yang ditulis Peyo dan dimuat di majalah tersebut adalah Benoit Brisefer, atau yang lebih dikenal dengan Steven Strong, kisah anak kecil yang memiliki kekuatan fisik luar biasa namun akan hilang ketika sakit flu.

Di antara karya-karya yang pernah dibuatnya, Peyo mengaku paling menyukai Johan and Peewit, yang mengisahkan perjalanan seorang pemuda pelayan raja dan pendampingnya.

Dari kisah Johan and Peewit itu pula kemudian akan lahir salah satu karya paling dikenal dari Peyo, Smurf. Smurf adalah makhluk mirip manusia mini berukuran "tiga buah apel", menurut penciptanya, dan berkulit biru.

Pertama kali diperkenalkan dalam salah satu edisi Johan and Peewit, karakter ini memulai kisahnya sendiri pada 1959, dan dengan cepat menjadi terkenal, bahkan melebihi Johan and Peewit.

Tak hanya berupa komik strip di surat kabar harian, kisah Smurf telah diadaptasi menjadi animasi bahkan film layar lebar produksi Hollywood. Karakter Smurf juga pernah dibuatkan mainan, pernak-pernik hingga game.

Melalui Smurf pula, Peyo menjadi dikenal di berbagai negara di luar Belgia.

Pada 1989, Peyo yang telah mengakhiri kerja samanya dengan penerbit Dupuis, mencoba membuka perusahaannya sendiri yang diberi nama Cartoon Creation, dan mempublikasikan sendiri cerita Smurf terbarunya.

Namun perusahaan itu hanya mampu bertahan selama tiga tahun sebelum kemudian terpaksa ditutup lantaran kesalahan manajemen. Serial Smurf masih bertahan setelah hak publikasinya berpindah ke penerbit Le Lombard pada 1992.

Di tahun yang sama, tepatnya pada 24 Desember 1994, Peyo meninggal dunia akibat serangan jantung. Dia meninggal di kediamannya di Brussels.

Meski telah lama meninggal dunia, namun kisah-kisah karya Peyo masih banyak dipublikasikan. Beberapa cerita Smurf masih dibuat oleh studio miliknya dan tetap menggunakan nama penulis Peyo.

https://internasional.kompas.com/read/2018/06/26/15541771/biografi-tokoh-dunia-pierre-culliford-ayah-para-smurf

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke