Salin Artikel

Pertempuran dengan Houthi di Hodeidah, 4 Tentara UEA Tewas

Dilansir media setempat WAM via Al Jazeera Rabu (13/6/2018), keempat tentara itu tewas dalam operasi bernama Restoring Hope.

Keempatnya bernama Letnan Khalifa Saif Said al-Khatri, Ali Mohammed Rashed al-Hassani, Sersan Khamis Abdullah Khamis al-Zayudi, dan Kopral Satu Obeid Hamdan Said al-Abdouli.

"Mereka menjadi martir dalam mengemban tugas negara bersama koalisi Arab lainnya dalam mendukung legitimasi pemerintahan di Yaman," demikian keterangan WAM.

AFP memberitakan, sejak koalisi yang dipimpin Arab Saudi mengintervensi Yaman di Maret 2015, dilaporkan lebih dari 100 pasukan UEA terbunuh.

Sebelumnya, UEA dan koalisi Arab lainnya memutuskan menyerang Hodeidah pada Rabu setelah Houthi tidak memenuhi tenggat waktu untuk meninggalkan kota pelabuhan itu.

Mereka mengerahkan jet tempur dan kapal perang untuk membombardir kota, yang ditopang serangan darat pasukan pemerintah Yaman.

"Kami sudah mencoba negosiasi damai dan politis untuk mengeluarkan milisi Houthi dari kota pelabuhan Hodeidah," demikian pernyataan Pemerintah Yaman.

Koalisi Saudi tersebut berusaha mengusir Houthi dari Hodeidah karena diduga mereka menyelundupkan senjata dari Iran.

Pemerintahan Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi berkata, pembebasan Hodeidah bakal menjadi titik balik kejatuhan kelompok yang menguasai ibu kota Sana'a itu.

"Dengan mengamankan jalur pelayaran dari Selat Bab al-Mandab, maka pasokan senjata Houthi dari Iran yang telah menumpahkan darah banyak orang Yaman bakal terhenti," tutur pemerintah.

Serangan yang dilancarkan koalisi Saudi itu langsung mendapat reaksi dari PBB yang mengatakan masyarakat di sekitar kota pelabuhan itu bakal terancam.

"Ada sekitar 250.000 orang di sekitar Hodeidah yang bisa kehilangan segalanya. Bahkan hidup mereka," demikian keterangan PBB.

https://internasional.kompas.com/read/2018/06/14/04104841/pertempuran-dengan-houthi-di-hodeidah-4-tentara-uea-tewas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke