Salin Artikel

Pakar Bedah Makna dari Bentuk Tanda Tangan Presiden Trump

Salah satunya adalah makna dari tanda tangan Donald Trump dalam dokumen kesepakatan yang diteken bersama dengan Kim Jong Un.

Setelah keduanya bertemu empat mata selama 40 menit, mereka meneken kesepakatan terkait kerja sama menuju denuklirisasi total Semenanjung Korea.

Kedua pemimpin juga sepakat untuk membangun sebuah hubungan bilateral yang lebih baik yang didasari keinginan bersama untuk menciptakan perdamaian.

Setelah seremoni penandatanganan dokumen, Trump difoto dengan ekspresi serius sambil memegang dokumen yang sudah dibubuhi tanda tangan kedua pemimpin.

Dan terlihat jelas, tanda tangan Trump berukuran jauh lebih besar dibanding tanda tangan Kim Jong Un.

Bagi para pakar yang menekuni pembedahan makna tulisan tangan seseorang, tanda tangan Donald Trump ini memberi arti tersendiri.

"Meski tanda tangan Trump sering disebut mirip dengan hasil tes kebohongan, tanda tangan Trum menunjukkan dia adalah seorang negosiator ulung, yang dalam berbicara selalu langsung dan berterus terang," kata Tracy Russel, dari Institut Grafologi Inggris.

"Dia amat lapar kekuasaan. Dia memiliki tekad dan kekeraskepalaan dalam meraih tujuannya. Dia bukan tipe seorang pendengar yang baik," tambah Tracy.

Dia menambahkan, tanda tangan Trump menunjukkan ambisi, kedinamisan, serta keberanian.

Sejak menjadi presiden, Trump sudah menandatangni puluhan dokumen. Dia selalu menggunakan pena bertinta hitam dan tebal.

Trump juga gemar menggunakan huruf kapital yang nampanya menunjukkan kepribadiannya sebagai sosok yang bersahabat, ramah sekaligus gemar mendapat perhatian.

Sejumlah analis lain menyebut, bentuk tanda tangan Trump menunjukkan dia adalah sosok yang gemar menyimpan sesuatu untuk dirinya sendiri dan terbiasa bekerja di belakang layar.

Sementara, ruangan yang sempit di antatara huruf dalam tanda tangannya menunjukkan Trump adalah individu yang tak suka hidup sendirian.

Di sisi lain, tanda tangan Trump amat rumit dan sulit ditiru menggambaran sosok yang amat menjaga sisi pribadinya.

Sebaliknya, mereka dengan tulisan tangan berukuran kecil diyakini adalah sosok yang cerdas, memiliki otak akademis, dan amat fokus saat melakukan sesuatu. 

https://internasional.kompas.com/read/2018/06/12/16040661/pakar-bedah-makna-dari-bentuk-tanda-tangan-presiden-trump

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke