Salin Artikel

Mahathir Yakin Malaysia Akan Sukses Jika Tiru Etika Kerja Warga Jepang

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (11/6/2018), ketika Mahathir merumuskan pertama kali kebijakan "Look East" pada 1980-an, dia tidak hanya ingin menarik investasi dari Jepang atau belajar di negara itu.

"Ini tentang etika kerja Jepang, rasa malu penduduk Jepang setiap kali mereka gagal memenuhi apa yang mereka janjikan," katanya.

Pria berusia 92 tahun itu menceritakan saat dia pertama kali datang ke Jepang pada 1961, ketika kondisi negara tersebut masih hancur oleh perang.

"Saya melihat orang Jepang bekerja sangat keras untuk membangun kembali negara mereka," ucapnya.

"Tentu saja hasilnya, Jepang dengan cepat menjadi salah satu ekonomi terbesar dunia," ujar Mahathir.

"Ini karena etika kerja mereka. Jika Anda memiliki cara bekerja yang salah, jika Anda tidak bekerja keras dan tidak bangga dengan pekerjaan Anda, maka Anda akan gagal," katanya.

Dia mengatakan, Jepang bangga membuat produk berkualitas tinggi yang mampu bersaing dengan yang diproduksi oleh negara lain.

Di hadapan 250 warga Malaysia di Jepang dalam acara jamuan makan malam, Mahathir menyampaikan upaya pemerintah untuk mengurangi utang negara yang mencapai 1 triliun ringgit atau sekitar Rp 3.500 triliun.

Terkait utang negara, Mahathir menyampaikan bahwa pemerintah menghargai aksi warga Malaysia untuk membantu pemerintah mengurangi tingkat utang.

Menurutnya, pemerintah akan berupaya untuk menyelesaikan situasi keuangan. Selain itu, dia menggarisbawahi kebijakan memberantas korupsi merupakan prioritas pemerintahnya.

"Jika korupsi diberantas, kita dapat menghemat sekitar 30 persen dari uang kita sehingga bisa melakukan banyak hal lain," katanya.

https://internasional.kompas.com/read/2018/06/12/05092821/mahathir-yakin-malaysia-akan-sukses-jika-tiru-etika-kerja-warga-jepang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke