Salin Artikel

Jika Denuklirisasi, AS Janjikan Jaminan Keamanan "Unik" ke Korut

Pernyataan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo jelang pertemuan Trump dan Kim di Singapura besok (12/6/2018).

"Fakta bahwa dua pemimpin bersedia duduk berhadapan merupakan tanda potensia; untuk mencapai sesuatu yang baik bagi seluruh dunia," kata Pompeo.

Diwartakan Channel News Asia Senin (11/6/2018), persiapan pertemuan Trump dan Kim lebih cepat dari yang diperkirakan.

Dalam dialog yang digelar di Hotel Capella itu, kedua pemimpin sepakat membahas denuklirisasi dan berakhirnya Perang Korea 1950-1953 sebagai agenda pertemuan.

Soal denuklirisasi, Pompeo berujar sanksi bakal tetap diterapkan hingga Korut melucuti nuklirnya secara transparan dan menyeluruh.

"Denuklirisasi yang menyeluruh, transparan, dan tegas adalah sesuatu yang bisa diterima oleh Amerika," kata Pompeo kembali.

Khusus transparansi, Pompeo menegaskan AS bakal memastikan seluruh proses pelucutan senjata nuklir maupun rudal balistik dapat dilihat.

"Jika diplomasi tidak berhasil, meski kami masih berharap pada sektor ini, maka tekanan bakal terus ditingkatkan," lanjutnya.

Mantan direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) itu menambahkan, jika Korut melucuti nuklirnya, maka AS menjanjikan jaminan keamanan yang "unik".

"Kami bakal mengambil kebijakan yang membuat mereka nyaman, sehingga mereka melihat bahwa denuklirisasi tidak selalu berakhir buruk," bebernya.

Lebih lanjut, Pompeo kembali mengucapkan rasa terima kasih kepada Singapura karena bersedia menjadi tuan rumah pertemuan.

Dia mengatakan, Singapura merupakan mitra strategis Negeri "Paman Sam". "Kami berterima kasih karena mereka membantu proses persiapan," tukasnya.

https://internasional.kompas.com/read/2018/06/11/20144971/jika-denuklirisasi-as-janjikan-jaminan-keamanan-unik-ke-korut

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke