Salin Artikel

Serangan Udara Diduga dari Rusia Tewaskan 38 Warga Sipil Suriah

Dilaporkan AFP via Arab News Jumat (8/6/2018), kelompok Observasi HAM untuk Suriah mengabarkan, serangan itu diduga dilakukan Rusia.

Direktur Observasi, Rami Abdel Rahman, menyatakan serangan tersebut menargetkan sebuah desa di Zardana pada tengah malam.

"Serangan itu menyebabkan korban tewas terbanyak di kawasan tersebut sejak akhir Maret yang lalu," ujar Rahman dalam pernyataan resmi.

Lima anak dilaporkan berada di antara 38 korban tewas dalam serangan yang terjadi di Zardana, Provinsi Idlib, Kamis (7/6/2018) waktu setempat.

Jumlah korban tewas, beber Rahman, ada kemungkinan bertambah. Sebab, 50 korban luka dilaporkan berada dalam kondisi kritis.

Mustafa Haj Yousouf, kepala unit perlindungan sipil setempat berujar, bom yang dijatuhkan menghantam pasar dan area sekitar masjid.

"Serangan dilakukan oleh jet tempur Sukhoi Su-24 yang bermarkas di Pangkalan Latakia," tutur Yousouf dilansir Anadolu.

Zardana merupakan kawasan yang sebagian besar dikontrol oleh kelompok pemberontak seperti aliansi Hayat Tahrir Al-Sham.

Lebih dari 350.000 orang dilaporkan tewas, dan lima juta orang mengungsi, sejak perang sipil di Suriah pecah 15 Maret 2011 silam.

Ketika Rusia melakukan intervensi pada 2015, pasukan rezim Bashar al-Assad berhasil mengambil kendali lebih dari 50 persen wilayah Suriah.

https://internasional.kompas.com/read/2018/06/08/16442141/serangan-udara-diduga-dari-rusia-tewaskan-38-warga-sipil-suriah

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.