Salin Artikel

Media Korea Utara: Kim Jong Un Tegaskan Tetap akan Lakukan Denuklirisasi

Pernyataan tersebut disampaikan Kim saat menemui Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Pyongyang, Kamis (31/5/2018).

"Kim Jong Un menegaskan kehendak Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) untuk denuklirisasi Semenanjung Korea tetap konsisten dan tidak berubah," tulis kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, dilansir AFP, Jumat (1/6/2018).

Kim mengharapkan, hubungan antara AS dengan Korea Utara dan isu denuklirisasi dapat diselesaikan secara bertahap melalui solusi yang berkembang melalui dialog dan negosiasi yang efektif dan membangun.

Kunjungan Lavrov ke Pyongyang tersebut bersamaan dengan pertemuan yang berlangsung di Manhattan, New York, antara pejabat tinggi Korea Utara, Kim Yong Chol dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Pertemuan tersebut membahas persiapan dan pematangan rencana konferensi tingkat tinggi antara Kim dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura yang dijadwalkan pada 12 Juni mendatang.

Rencana pertemuan tingkat tinggi tersebut sempat nyaris batal karena adanya perbedaan pemahaman terkait denuklirisasi yang diharapkan masing-masing pihak.

Washington mengharapkan Korea Utara dengan cepat menyerahkan persenjataan nuklirnya dengan cara yang dapat diverifikasi dan tak dapat dibalikkan.

Pemerintah AS juga menjanjikan bakal memberikan imbalan pembatalan sanksi bahkan bantuan ekonomi kepada Pyongyang jika bersedia melakukannya.

Sementara, para pakar meyakini, Korea Utara tidak akan mau menyerahkan persenjataan dan program nuklirnya kecuali mendapat jaminan keamanan dari AS akan keberlangsungan rezim Kim.

Komentar Kim tersebut mengindikasikan harapannya akan adanya pendekatan bertahap demi menyelesaikan persoalan denuklirisasi ini.

Sementara, Lavrov telah memperingatkan agar semua pihak tidak berharap terlalu tinggi dari pertemuan tersebut dan menghindari tuntutan yang berlebih.

https://internasional.kompas.com/read/2018/06/01/20365241/media-korea-utara-kim-jong-un-tegaskan-tetap-akan-lakukan-denuklirisasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke