Salin Artikel

Mantan Petinggi Mossad: Netanyahu Pernah Perintahkan Serangan Militer ke Iran

Pernyataan tersebut diungkapkan mantan kepala badan intelijen Israel, Tamir Pardo, yang sempat menjabat pada 2011 hingga 2016, dalam sebuah wawancara dengan tayangan investigasi, Uvda, di televisi Israel, Keshet TV, pada Kamis (31/5/2018).

Pardo mengingat kembali saat perintah tersebut diberikan Netanyahu dengan menegaskan jika itu bukan latihan.

"Saat dia memerintahkan Anda untuk memulai proses hitungan mundur, Anda tahu jika dia tidak sedang bercanda dengan Anda," kata Pardo sebagaimana dikutip dari wawancara.

Kantor Perdana Menteri Israel tidak memberikan komentar terkait pernyataan Pardo.

Pardo mengatakan, setelah menerima perintah persiapan serangan tersebut, dia segera mencari klarifikasi dari berbagai pihak.

"Saya mencari klarifikasi dari semua yang saya bisa. Saya memeriksa penasihat hukum, berkonsultasi dengan semua pihak yang saya bisa untuk memahami siapa yang berwenang dalam memberikan perintah peluncuran perang," ujar Pardo.

"Saya ingin memastikan bahwa jika seandainya Tuhan tidak mengizinkan, sesuatu yang salah terjadi, atau bahkan misi gagal, tidak akan ada situasi di mana saya telah melakukan operasi ilegal," tambahnya sebagaimana dikutip The New Arab.

Tak dijelaskan dalam pratinjau tayangan investigasi tersebut, apa yang terjadi setelah perintah diberikan. Namun sejarah menunjukkan jika Israel tidak pernah melancarkan serangan ke Iran pada 2011.

Hubungan antara Israel dengan Iran telah kembali semakin tegang dalam beberapa waktu terakhir, terutama terkait kehadiran militer Teheran di Suriah.

Israel telah beberapa kali menembakkan misil dan melancarkan serangan udara ke fasilitas Iran di Suriah, sementara Iran turut melepaskan misil ke wilayah Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Israel juga menjadi salah satu pihak yang paling mengkritisi perjanjian nuklir Iran tahun 2015 yang disebut tidak memberikan jaminan pencegahan Iran dalam mencapai persenjataan nuklir.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/31/21551471/mantan-petinggi-mossad-netanyahu-pernah-perintahkan-serangan-militer-ke

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke