Salin Artikel

Pompeo Peringatkan Rusia agar Tak Campuri Urusan Dalam Negeri AS

Peringatan itu disampaikan Pompeo kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov melalui sambungan telepon pada Rabu (30/5/2018).

Hubungan AS dan Rusia semakin bersitegang setelah menutup misi diplomatik, dan intervensi Rusia di Suriah serta Ukraina.

Pompeo ingin memperbaiki hubungan dengan Rusia. Namun, untuk mencapainya, dia meminta pemerintahan Presiden Vladimir Putin tidak mencampuri urusan dalam negeri AS.

"Keduanya membicarakan isu dan perhatian terkait hubungan bilateral, Ukraina, dan Suriah," kata juru bicara Pompeo, Heather Nauert.

Di Moskwa, Lavrov mengatakan, sambungan telepon tersebut diatur atas permintaan AS dan keduanya siap untuk mengatasi perselisihan melalui dialog yang profesional.

Pembicaraan antara Pompeo dan Lavrov dilakukan sehari setelah duta besar AS untuk PBB Nikki Haley, mengecam Rusia yang telah bertindak keterlaluan di Ukraina.

Dia menyerukan agar Rusia mengembalikan kendali atas Crimea ke pemerintah Ukraina.

"Sampai Rusia mengakhiri tindakannya yang memalukan di Ukraina, posisi AS tidak akan goyah," katanya.

"Kami mengutuk keras keterlibatan Rusia di Ukraina timur dan aneksasi nyatanya atas Krimea," ucapnya dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, jelang KTT antara AS dan Korea Utara pada 12 Juni mendatang, Rusia mengumumkan bahwa Lavrov akan mengunjungi Korea Utara pada Kamis (31/5/2018).

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/31/09230911/pompeo-peringatkan-rusia-agar-tak-campuri-urusan-dalam-negeri-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke