Salin Artikel

Belasan Perahu Tinggalkan Gaza Coba Terobos Blokade Israel

Langkah ini diperkirakan bakal meningkatkan ketegangan di kawasan itu menyusul penembakan mortir ke wilayah Israel di hari yang sama.

Satu kapal utama yang membawa 20 orang didampingi sejumlah kapal berukuran lebih kecil meninggalkan pelabuhan nelayan Gaza City.

Namun, muncul sejumlah pernyataan berbeda terkait tujuan aksi ini.

Sebagian penyelenggara mengatakan, aksi ini adalah upaya menjebol blokade laut yang diberlakukan Israel. Saat ini nelayan Gaza hanya boleh melaut dalam jarak maksimal 16 kilometer dari pantai.

Sementara, sebagian orang lainnya mengatakan, aksi ini hanya sekadar protes sedangkan para peserta ingin mereka berlayar melampaui batas yang ditetapkan Israel.

Sejauh ini belum diketahui respon militer Israel terkait masalah ini. Pihak militer Israel juga belum memberikan komentar.

Sebelumnya, AD Israel mengatakan, setidaknya 25 peluru mortir ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel, meski sebagian besar bisa dirontokkan sistem pertahanan Iron Dome.

Satu peluru jatuh di dekat sebuah taman kanak-kanak. Beruntung tak ada anak-anak di tempat itu saat peluru mortar jatuh.

Serangan itu adalah yang terbesar yang pernah dilakukan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel sejak Perang 2014.

Akibat serangan itu, PM Israel Benyamin Netanyahu berjanji akan melakukan pembalasan.

Sudah lebih dari satu dekade Jalur Gaza mengalami blokade. Israel mengatakan, blokade harus dilakukan agar Hamas tak bisa memperoleh pasokan senjata untuk menyerang Israel.


https://internasional.kompas.com/read/2018/05/29/18105281/belasan-perahu-tinggalkan-gaza-coba-terobos-blokade-israel

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke