Salin Artikel

Angkatan Laut China Usir Kapal Perang AS dari Laut China Selatan

Kementerian Luar Negeri China mengeluarkan pernyataan yang secara keras menentang aktivitas kapal AS pada Minggu (27/5/2018), di wilayah Kepulauan Paracel yang masih dalam sengketa.

Dua kapal berbendera AS tersebut yakni kapal perusak dengan misil kendali, Higgins, serta kapal penjelajah, Antietam.

Kapal-kapal militer AS tersebut bermanuver di sekitar pulau Tree, Lincoln, Triton dan Woody di kepulauan Paracel.

Militer AS beralasan mereka melakukan pelayaran kebebasan navigasi di Laut China Selatan dan menantang pernyataan Beijing tentang hak teritorial di kawasan itu, meskipun AS tidak memiliki klaim di wilayah yang disengketakan.

Kedua kapal tersebut, dilaporkan kementerian bertemu dengan Angkatan Laut China yang langsung meminta verifikasi dan identifikasi kapal-kapal itu sebelum memperingatkan untuk segera meninggalkan kawasan tersebut.

Kantor berita pemerintah, Xinhua, melaporkan jika kedua kapal tersebut kemudian telah diusir dari wilayah perairan Laut China Selatan.

Operasi kapal militer AS di wilayah Laut China Selatan itu hanya berselang sepekan usai Beijing yang mendaratkan pesawat militernya di sebuah pulau terumbu karang.

Melalui keterangan resminya, China melaporkan bahwa pesawat pembomnya, termasuk tipe pembom nuklir H-6K, telah berhasil melakukan latihan lepas landas dan pendaratan di pulau tersebut.

Beijing telah membangun pulau buatan untuk memperkuat klaimnya atas sebagian besar wilayah Laut China Selatan yang kaya akan sumber daya, meskipun mendapat protes dari negara-negara tetangga di Asia Tenggara.

Negara-negara tetangga, terutama yang terlibat langsung dengan sengketa maritim dengan China, khawatir jika kedepannya akan ada pembatasan kebebasan navigasi dan penerbangan yang dilakukan negara itu.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/28/13400041/angkatan-laut-china-usir-kapal-perang-as-dari-laut-china-selatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke