Salin Artikel

Jelang Pertemuan Trump-Kim Jong Un, Delegasi AS Bertemu Pejabat Korea Utara

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk kembali mempersiapkan perjumpaan antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong Un, yang sebelumnya sempat dibatalkan.

"Saya sangat yakin Korea Utara memiliki potensi yang cemerlang dan akan menjadi negara dengan perekonomian dan keuangan yang hebat suatu hari nanti," kicau Trump di Twitter.

"Kim Jong Un sepakat dengan saya dalam hal ini. Itu akan terjadi," imbuhnya.

The Washington Post seperti dilansir dari AFP melaporkan, delegasi AS ke Zona Demiliterisasi Korea di Panmunjom dipimpin oleh Sung Kim, mantan duta besar AS untuk Korea Selatan dan mantan negosiator nuklir dengan Korea Utara.

Delegasi AS dikabarkan bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui.

Untuk diketahui, saat ini AS tidak memiliki duta besar untuk Korea Selatan sehingga menjadi tantangan diplomatik yang paling rumit selama bertahun-tahun.

Dalam 24 jam setelah membatalkan pertemuan, Trump justru berbalik arah dengan mengatakan kemungkinan hal tersebut masih bisa berlanjut, setelah melakukan pembicaraan intensif bersama pejabat Korea Utara.

"Rencana pertemuan ini berjalan dengan sangat baik," kata Trump di Gedung Putih pada Sabtu (26/5/2018).

"Kami memandang (pertemuan) pada 12 Juni di Singapura. Itu belum berubah," imbuhnya.

AS menginginkan Korea Utara segera menyerahkan semua senjata nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi dan memberikan bantuan ekonomi.

Sementara, Korea Utara memiliki pandangan yang berbeda tentang denuklirisasi. Negara itu tetap khawatir terutama ketika AS mempertahankan kehadiran militer yang kuat di Korea Selatan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/28/08120411/jelang-pertemuan-trump-kim-jong-un-delegasi-as-bertemu-pejabat-korea

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke