Salin Artikel

Sindikat di India Latih Anak-anak Mencopet dalam Waktu 3 Detik

Kejahatan itu terungkap ketika seorang anak tertangkap di pemberhentian bus Anand Vihar, setelah mencuri ponsel dari seorang penumpang.

Dilansir dari Times of India, Jumat (25/5/2018), dalam penyelidikan polisi, bocah itu mengatakan dia bekerja untuk Raj Kumar, pemimpin sindikat.

Dia mengaku, ada anak-anak lain juga dimanfaatkan oleh kelompok kriminal untuk mencopet para penumpang.

Berdasarkan informasi tersebut, tim kepolisian Vivek Vihar di Delhi yang dipimpin oleh Mukesh Kumar menggerebek tempat persembunyian Raj Kumar dan rekan-rekannya.

Polisi menangkap kawanan itu dan menyita lebih dari 40 ponsel, serta uang tunai senilai 470.000 rupee atau sekitar Rp 97,7 juta.

Raj Kumar melatih anak-anak untuk mencopet dan merampas barang berharga penumpang. Komplotannya memanfaatkan kesibukkan stasiun kereta dan pemberhentian bus dengan menempatkan sekitar tiga hingga 4 anak di setiap titik.

"Dia merekrut anak-anak dari keluarga miskin yang berada di area kumuh," kata seorang pertugas polisi.

"Karena jika anak-anak ditangkap atas tindakan pencurian, mereka biasanya dibebaskan dalam waktu 24 jam sesuai dengan undang-undang," imbuhnya.

Raj Kumar menerjunkan beberapa remaja ke lapangan untuk memastikan anak-anak tidak melarikan diri dengan rampasan yang dicuri.

Mereka kemudian menyerahkan barang-barang yang dicuri kepada pengawas. Setiap anak dibayar 200-300 rupee atau Rp 41.000 hingga Rp 62.000 setiap pekan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/25/17111241/sindikat-di-india-latih-anak-anak-mencopet-dalam-waktu-3-detik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke